Wabah Virus Corona, 5 Imbauan PUSKAPP Untuk Pilkada

Politik  RABU, 08 APRIL 2020 , 12:53:00 WIB

Wabah Virus Corona, 5 Imbauan PUSKAPP Untuk Pilkada

logo PUSKAPP

RMOLBengkulu. Tanpa mengenyampingkan situasi dan kondisi kekinian mengenai penyebaran wabah Sars-CoV-2 (Covid-19) atau lebih dikenal dengan Virus Corona, persoalan yang juga sedang menjadi fokus perhatian adalah mengenai Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah atau biasa disebut dengan Pilkada atau Pemilukada.

Pemilukada ini adalah Pemilihan Umum untuk memilih pasangan calon Kepala Daerah yang diusulkan oleh Partai Politik (Parpol) atau gabungan parpol dan perseorangan. Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) merupakan sebuah pemilihan yang dilakukan secara langsung oleh para penduduk daerah administratif setempat yang telah memenuhi persyaratan.

Pemilukada khususnya di Provinsi Bengkulu yang dijadwalkan serentak baik Gubernur maupun Bupati, merupakan hajatan demokrasi yang harus difahami sebagai momentum pembuktian partisipasi masyarakat dalam rangka mewujudkan demokrasi lokal yang bermutu dan berkualitas. Pemilukada yang berlangsung secara terbuka, jujur dan adil merupakan syarat penting dan mendasar dari Pemilu yang berjalan demokratis. Sehingga setiap bentuk manipulasi, kecurangan, dan penggunaan cara-cara intimidatif dan ancaman, sangat tidak dibenarkan. Masyarakat harus memiliki kebebasan yang harus dijamin dan dihormati dalam menentukan pilihannya.

Berdasarkan hal tersebut, maka Pusat kajian Agama Politik dan Peradaban (PUSKAPP) Bengkulu menghimbau:

1.    Kepada penyelenggara Pemilukada (KPU, BAWASLU dan Penyelenggara Pemilu Lainnya) untuk memaknai, menyelenggarakan dan mengawal serta menjalani proses demokrasi ini dengan cara-cara yang legal dan konsisten pada aturan yang berlaku.

2.    Kepada Penyelenggara Pemilukada (KPU, BAWASLU dan Penyelenggara Pemilu Lainnya) agar melakukan sosialisasi tahapan dan pelaksanaan Pemilukada 2020 di Provinsi Bengkulu secara simultan kepada masyarakat dengan segala bentuk .

3.    Mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjamin proses pemilukada 2020 di Provinsi Bengkulu agar berjalan dengan harmonis, penuh kegembiraan dan saling bahu-membahu dalam menjaga stabilitas sosial dan keamanan dilingkungan masing-masing.

4.    Meminta dan mengajak para bakal calon, tim sukses dan partisipan politik agar menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi, menghargai konstitusi, menciptakan suasana kondusif dengan tidak melakukan provokasi, politik uang (Money Politic), tidak menyebarkan berita berita Hoax serta tidak melakukan Black Campaign (Kampanye Hitam).

5.    Menghimbau kepada Partai Politik agar menggiatkan pendidikan politik bagi masyarakat dengan mengedepankan etika politik yang berbasis kearifan lokal agar terwujudnya pesta demokrasi yang rasional, santun, dan bermartabat.

Demikianlah himbauan dan seruan dari Pusat Kajian Agama Politik dan Peradaban (PUSKAPP) ini disampaikan sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi dalam rangka mewujudkan pemilukada 2020 di Provinsi Bengkulu yang jujur, adil, damai, kondusif dan bermartabat. [PUSKAPP]

Dr. Qolbi Khoiri, M.Pd.I

Direktur PUSKAPP


Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00