Diiming-Imingi Dapat Hadiah, Malah Jadi Korban Penipuan Lewat Telpon

Daerah  SELASA, 07 APRIL 2020 , 07:13:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Diiming-Imingi Dapat Hadiah, Malah Jadi Korban Penipuan Lewat Telpon

Tampak pemilik agen BRI link menghitung uang pengganti dari korban/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Pepatah ini menggambarkan nasib apes yang di alami AP (40) salah satu warga Kecamtan Pino Bengkulu Selatan (BS), yang niatnya ingin mendapatkan hadiah malah tertipu jutaan rupiah.

Kejadian bermula, saat korban (AP) menerima telepon dari seseorang yang mengaku dari pihak aplikasi Tokopedia, Senin (06/04) sekira pukul 16.00 WIB sore. Orang tak ia dikenal itu menyampaikan bahwa dirinya memenangkan undian dan akan mendapatkan sejumlah uang sebagai hadiah.

Sedangkan untuk, mengklaim atau mengambil uang yang dijanjikan akan diberikan tersebut, korban harus mentransfer uang muka terlebih dahulu sebesar Rp 10 juta, tanpa pikir panjang lansung pergi ke salah satu agen BRI link tempat dirinya berlangganan yang berada di Desa Ulak Lebar.

"Tadi korban datang memberikan no rek untuk mentransfer uang sebesar Rp 5 juta ke karyawan saya, nah sesudah uang ditransfer karyawan saya menanyakan uang untuk pembayaran transfer via BRI link kami, ternyata uangnya tidak ada," kata Miwan Tonikko pemilik agen BRI link 7 daun yang juga YouTubers petualang jurus itu.

Tidak sampai disitu saja, setelah selesai mentransfer uang sebesar Rp 5 juta itu, korban masih sempat berkomunikasi penipu tersebut, dan meminta untuk mentransfer kembali uang sebesar Rp 5 juta lagi ke rekening yang lain.

"Tadi korban masih meminta transfer lagi, karena uang yang tadi belum di berikan, kita tidak mau lagi melayani, dan kami berusaha menyadarkan korban," imbuh Dang Tonik nama sapaannya.

Sementara itu, AP mengaku pada waktu itu dirinya dalam kendali orang yang menelponnya atau tidak sadar, sebab apa yang ia lakukan di luar kendalinya, bahkan waktu ingin melakukan transaksi dirinya tidak memiliki uang sebesar yang diinginkan penelpon.

"Saya tadi tidur dan terbangun ada yang nelpon mengatakan saya akan mendapatkan hadiah, lalu menyuruh saya mentransfer uang ke agen BRI link, tadi saya katakan tidak ada uang, lalu penelpon mengatakan pergi saja ke agen BRI link bilang saja untuk mentransfer uang, pada waktu itu saya betul-betul tidak sadar," ungkapnya.

Atas kejadian itu korban mengalami kerugian 5 juta rupiah, untuk itu masyarakat hendaknya jangan mudah percaya dengan iming-iming hadiah dalam bentuk apapun, terlebih lagi tidak sedikit di BS orang yang menjadi korban penipuan dengan modus akan mendapatkan hadiah. [ogi]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00