Cegah Covid-19, PMDS Minta Tiap Desa Bentuk Tim Relawan

Daerah  KAMIS, 02 APRIL 2020 , 07:29:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Cegah Covid-19, PMDS Minta Tiap Desa Bentuk Tim Relawan

Eko Budi Santoso/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Pemberdayaan Masyatakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, meminta seluruh kepala desa membentuk tim relawan untuk menjadi garda terdepan pencegahan dan penanganan pandemi virus corona (Covid-19) di daerah itu.

Hal itu disampaikan Kadis PMDS Kabupaten Lebong, Reko Haryanto melalui Kabid PMD Eko Budi Santoso, saat dikonfirmasi RMOLBengkulu, Rabu (1/4) siang.

"Itu sesuai Surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tani," kata Eko.

Dia mengutarakan, relawan Desa Tanggap Covid-19 diketuai oleh kepala desa, dengan wakil dari Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta anggota dari BPD, kepala dusun atau setara, ketua RW/RT, tokoh-tokoh masyarakat, hingga pendamping profesional di desa.

"Selain itu juga harus bermitra dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa karena merupakan bagian dari satu kesatuan yang penting untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah," jelasnya.

Eko menjelaskan sejumlah tugas diemban relawan mulai dari membuat papan informasi pencegahan, dan penanganan kasus penyakit infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan tersebut.

"Pembentukan relawan desa lawan Covid-19 sudah kita sampaikan di dalam grup forum kades. Nampaknya, memang sudah siap untuk membentuk relawan desa lawan covid-19," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00