Fraksi PAN Usulkan Angaran Perjalanan Dinas Dewan Kota Untuk Corona

Politik  RABU, 01 APRIL 2020 , 15:56:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Fraksi PAN Usulkan Angaran Perjalanan Dinas Dewan Kota Untuk Corona

Virus Corona/Net

RMOLBengkulu. Pemerintah saat ini tengah berupaya untuk mencari solusi dan tambahan dana untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. Setelah beberapa waktu lalu Walikota Helmi Hasan mengusulkan untuk menggeser anggaran sebesar Rp 200 milyar, kali ini Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu mengusulkan hal yang sama.

fraksi PAN DPRD Kota menilai masih banyak pos-pos anggaran di dewan yang sangat mungkin dialih  fungsikan untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran wabah virus corona.

Ketua Fraksi PAN, Kusmito Gunawan pun menyebutkan bahwa setidaknya ada anggaran senilai 16,7 milyar yang bisa digeser untuk penanganan virus ini.

"Pada prinsipnya kita setuju dengan opsi pemangkasan anggaran di dewan ini untuk pencegahan virus corona. Berdasarkan hasil diskusi kita, terdapat anggaran senilai  Rp 16,7 M yang bisa digunakan untuk itu" kata Kusmito kepada awak media ketik dibincangi di Kantor DPRD Kota, Rabu (01/04).

Menurutnya ada beberapa poin kegiatan yang bisa jadi alternatif untuk melakukan pergeseran anggaran. Diantaranya yaitu anggaran perjalanan dinas dewan dan Sekwan, kegiatan reses, dana rehab komisi, dana pembuatan naskah akademik dan dana Bimtek.

"Beberapa kegiatan diatas tentu tidak bisa kita laksanakan dengan kondisi seperti ini. Akan lebih baik jika kita gunakan untuk menangani virus corona yang saat ini sangat urgent," ungkapnya.

Menurutnya anggaran puluhan milyar tersebut dapat digunakan untuk membantu pemerintah menangani wabah mematikan tersebut.

"Dengan anggaran tersebut kita bisa membeli masker untuk dibagikan kepada masyarakat, handsanitizer, Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis, obat-obatan dan lainnya," paparnya.

Ia pun berharap agar usulan dari Fraksi PAN dapat dipertimbangkan dan disetujui oleh fraksi-fraksi lain di DPRD Kota.

"Kita harap kawan-kawan fraksi lain yang ada di dewan dapat mempertimbangkan usulan ini karena situasinya cukup mendesak demi kemanusiaan," tutupnya. [ogi]

Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00