Sudah Terkontrak, Kegiatan DAK Fisik Senilai 40 Rp M Segera Dilakukan

Daerah  SELASA, 31 MARET 2020 , 16:12:00 WIB | LAPORAN: SANDRI

Sudah Terkontrak, Kegiatan DAK Fisik Senilai 40 Rp M Segera Dilakukan

Kadis PUPR Nuzmanto Aidil/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Meskipun Surat Edaran No.S-247/MK.07/2020 yang diterbitkan Kamis malam (27/03), oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, untuk meminta seluruh pemerintah daerah (Pemda) untuk menunda kegiatan pengadaan barang & jasa yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020.

Adapun kebijakan tersebut, salah satu upaya yang diambil pemerintah untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran wabah virus corona atau COVID-19 yang saat ini kian meluas.

Kendati demikian, di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya (PUPR) akan segera dilakukan kegiatan, sebab semua kegiatan sudah lelang dan terkontrak semua. Bahkan dana yang bersumber dari APBN sebesar lebih kurang 40 miliar itu tinggal menunggu pencairan tahap 1.

"Untuk kegiatan DAK semua tidak ada masalah dan sudah terkontrak semua, itu artinya tidak jadi kendala untuk dilakukan, dan paling lambat hari Rabu (01/04) ini titik nol akan kita lakukan," kata Kadis PUPR  Nuzmanto Aidil, saat di temui diruang kerjanya, Senin (30/03).

Dimenjelaskan Nuzmanto, untuk kegiatan DAK apabila sudah terkontrak, maka tidak menyalahi aturan terkait surat edaran menteri keuangan tersebut. Sebab dalam surat edaran itu berbunyi, bagi kegiatan DAK yang belum terkontrak untuk ditunda terlebih dahulu.

Bahkan pihaknya sudah menginput semua kegiatan, baik itu Bidang Bina Marga, Cipta Karya dan Pengairan ke Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-Span) itu artinya seluruh kegiatan yang ada di PUPR tetap berjalan sesuai dengan jadwal dan akan segera melakukan titik nol kegiatan. Menyusul review APIP sudah dilakukan semua dan tahap verifikasi di BPKAD sudah selesai.

"Sesuai dengan rencana awal, dan paling lambat hari Rabu (01/04) mendatang kita akan melakukan titik nol yang akan didampingi pihak Inspektorat dan semua bidang. Nah, kalau untuk saat kita ini kita masih menunggu pencairan tahap pertama dari pusat," pungkasnya. [ogi]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00