Danau Liang Dijadikan Pusat Pengembangan Padi Dan Cabe Organik

Daerah  SELASA, 31 MARET 2020 , 02:52:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Danau Liang Dijadikan Pusat Pengembangan Padi Dan Cabe Organik

Survey pengembangan padi organik dan hotikultura/ tanaman cabe di desa danau liang yg dijadikan sentra pengembangan padi organik tahun 2020

RMOLBengkulu. Tahun 2020 ini Desa Danau Liang Kecamatan Lebong Tengah Kabupaten Lebong, dijadikan sebagai pusat pengembangan padi dan cabe organik.

Hal itu usai rombongan Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong melakukan survei pengembangan padi organik dan tanaman cabe, belum lama ini.

Kadis Pertanian dan Perikanan Lebong, Emi Wati melalui Kabid Tanaman Pangan Hortikultura Jimmy Tri Susilo mengatakan, tahun 2020 ini Desa Danau Liang dijadikan pusat pengembangan padi dan cabe organik.

"Kita memang sudah tinjau langsung ke lokasi. Desa Danau Liang, selama ini dikenal sebagai sentra padi yang lokasinya juga strategis," ujar Jimmy, kemarin (30/3).

Dia mengutarakan, Danau Liang itu nanti diharapkan menjadi percontohan dan bukan hanya mendorong perbaikan persoalan ekonomi tapi juga rujukan para petani itu bagaimana mengelola padi dan cabe organik.

"Padi dan cabe organik itu sendiri adalah padi yang dihasilkan oleh pertanian organik. Padi organik bukan sekedar padi biasa yang dikomsumsi masyarakat pada umumnya, karena padi ini dibudidayakan menggunakan bahan-bahan organik," jelasnya.

Alasan pihaknya menjadikan desa itu pusat pengembangan padi dan cabe organik, yaitu mengingat seluruh petani pada umumnya masih banyak menggunakan bahan pestisida kimia untuk berbudidaya tanaman padi dan cabe.

Sebab,  mereka berfikir dalam budidaya tanaman padi dan cabe yang terpenting adalah tidak mudah rusak terserang hama, dan memperoleh hasil yang memuaskan, sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

"Yang tentunya tidak menggunakan bahan kimia, dan lebih baik untuk kesehatan tubuh. Jika cara mengolah budidaya padi organik masih menggunakan bahan kimia, atau campuran antara kimia dan organik, maka yang dihasilkan padi tersebut bukan budidaya pertanian organik," demikian Jimmy. [tmc]




Komentar Pembaca
Viral!! Aksi Menunggang Sapi Raksasa di Boyolali
Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

JUM'AT, 10 JULI 2020 , 21:30:00

New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

MINGGU, 05 JULI 2020 , 02:30:19

Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00