Enam Sikap Fraksi PKS Dalam Menghadapi Covid-19

Politik  SELASA, 31 MARET 2020 , 02:36:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Enam Sikap Fraksi PKS Dalam Menghadapi Covid-19

Pimpinan Partai Keadilan Sejahtera/Istimewa

RMOLBengkulu. Pandemik virus corona atau Covid-19 menjadi permasalahan yang harus segera diselesaikan oleh seluruh elemen, baik pemerintah sebagai pemangku kebijakan maupun legislatif sebagai penyambung lidah rakyat.

Tak dipungkiri, Covid-19 telah berdampak kepada berbagai sektor, mulai dari kesehatan hingga sisi ekonomi. Hal inilah yang menjadi keprihatinan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Atas nama pimpinan dan anggota Fraksi PKS DPR, kami sampaikan keprihatinan mendalam kepada seluruh rakyat Indonesia atas wabah Covid-19 serta dampak bawaannya secara ekonomi. Duka cita mendalam untuk pasien yang meninggal termasuk di dalamnya dokter/paramedis dan juga anggota DPR," kata Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, Senin (30/3).

Tak lupa, ia juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada para petugas medis sebagai pahlawan melawan Covid-19. Baginya, saat ini optimisme penting ditanamkan seluruh masyarakat bahwa wabah dari Wuhan, China tersebut bisa teratasi.

Fraksi PKS DPR pun telah menyampaikan enam sikap dalam menghadapi Covid-19.

Pertama, mendukung penuh presiden dan pemerintah mengambil langkah-langlah riil dan konkret dalam mengatasi wabah corona dengan seluruh daya, upaya, biaya, dan berbagai macam skenario kebijakan dengan memprioritaskan keselamatan warga.

Kedua, mendukung pengalihan anggaran yang tidak atau kurang mendesak di berbagai kementerian dan lembaga seperti anggaran UN di Diknas dan lain sebagainya untuk mengatasi wabah corona.

Ketiga, mendesak pemerintah menjamin ketercukupan APD untuk pahlawan medis serta masker dan fasilitas perlindungan lainnya untuk warga agar tak berujung was-was dan kekhawatiran.

Keempat, mendesak Kemenkes RI profesional dalam pelayanan medis dan penanganan pasien Covid-19. Menjamin ketercukupan dan kelengkapan fasilitas kesehatan, menyusun SOP prosedur teknis yang lebih jelas dalam menangani masyarakat yang terindikasi dan terkena virus untuk memberi rasa tenang dan menunjukkan negara hadir.

Kelima, mendesak pemerintah menyiapkan dan mendistribusi dengan tepat Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga yang bekerja atau berpenghasilan harian (para pekerja informal) dan harus istirahat di rumah.

Keenam, Fraksi PKS mengajak seluruh pejabat publik baik anggota legislatif maupun eksekutif, serta pejabat lembaga negara lainnya menunjukkan empati kepada rakyat dalam menghadapi wabah corona ini dengan gerakan kolektif membantu rakyat. Seperti halnya pemotongan gaji pejabat yang sudah dilakukan Fraksi PKS.

"Dengan kebersamaan dan solidaritas seluruh bangsa, insya Allah kita bisa menghadapi dan mengatasi Covid-19. Tentu saja kita butuh pemimpin dan pemerintah yang terus memberikan optimisme dengan kebijakan riil dan konkret dalam menanggulangi wabah ini," pungkas Jazuli. [tmc]


Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00