Komisi I Berharap Pemerintah Bantu Pelaku Usaha Ditengah Covid-19

Hidayattulah: Tidak Ada Kebijakan Kita Zalim

Daerah  SENIN, 30 MARET 2020 , 11:50:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Komisi I Berharap Pemerintah Bantu Pelaku Usaha Ditengah Covid-19

Hidayatullah/Ist

RMOLBengkulu. Meski Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Rejang Lebong belum ditemukan positif Corona, namun kebijakan yang diambil pemerintah dalam mengantisipasi Covid-19 berdampak terhadap ekonomi masyarakat.
Ketua Komisi I DPRD Rejang Lebong, Hidayatullah mengatakan, salah satu dampak yang dirasakan oleh masyarakat secara langsung saat ini adalah para pelaku usaha kecil menengah yang bergelut di berbagai bidang usaha, mulai dari usaha makanan, warung, usaha jasa tenda, jasa hiburan hingga weding organizer atau usaha pelaminan.

"Dampak Covid-19 memang dirasakan semua pihak, tidak hanya liburnya sekolah, ditutupnya beberapa fasilitas umum, tidak boleh berkumpul dan lainnya, salah satu dampak yang dirasakan oleh masyarakat secara langsung saat ini adalah para pelaku UKM," kata pria yang akrab disapa Dayek kepada RMOLBengkulu," Senin(30/3).

Atas kondisi tersebut, pihaknya berharap Pemerintah Daerah Rejang Lebong dapat membantu para pelaku usaha di daerah itu khususnya yang memiliki angsuran kredit perbankan, dimana saat ini perbankan telah memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha.

"Kita minta pemerintah daerah kita untuk membantu para pelaku usaha di Rejang Lebong ini dalam menghadapi kredit dengan perbankan," pintanya.

Menurutnya Pemerintah harus membantu para pengusaha dengan mengeluarkan kebijakan dalam menghadapi masalah ini, terutama mereka yang memiliki angsuran dengan perbankan, leasing maupun industri perbankan lainnya.

Dibeberkandia, tak sedikit para pelaku usaha yang menyampaikan keluhan kepada pihaknya, dimana masyarakat didaerah itu belum mendapatkan kemudahan dalam mengangsur tagihan.

"Keterangan mereka, pihak perbankan tidak mau mendengarkan keluhan mereka dan tetap wajib membayar angsuran. Kalau tidak ada kebijakan terhadap mereka ini, kita zalim, membiarkan para pelaku usaha kecil kita mati ditengah berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah menghadapi corona ini," lanjutnya.

Dia menambahkan, meski saat ini Pemerintah tengah fokus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Corona, namun jangan sampai Pemerintah tidak mengacuhkan jeritan para masyarakat yang terbaban memenuhi angsuran perbankan ditengah penurunan ekonomi.

"Artinya, ini berdampak dan sangat dirasakan para pelaku usaha di daerah ini. Maka dari itu, kita minta pemerintah membantu para pelaku usaha ini, salah satunya dengan memfasilitasi pelaku usaha dengan pihak perbankan, jangan sampai mereka terus dikejar angsuran apalagi sampai ditekan," pungkasnya. [ogi]


Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00