Pemkot Siapkan Rp 200 M Atasi Virus Corona

Pemerintah Kota Bengkulu  SENIN, 30 MARET 2020 , 11:04:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Pemkot Siapkan Rp 200 M Atasi Virus Corona

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Wabah virus corona yang terus menyebar nampaknya semakin mengkhawatirkan. Kendati belum terdapat pasien yang dinyatakan positif terpapar, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terus berupaya agar penyebaran wabah tersebut bisa dicegah.

Berbagai kebijakan pro rakyat sudah dilakukan demi meringankan beban masyarakat, diantaranya yaitu menggratiskan tagihan air bersih selama satu tahun, menggratiskan sewa Rusunawa, membebaskan retribusi bagi para pedagang di pasar-pasar tradisional Kota Bengkulu serta beberapa kebijakan lainnya.

Terbaru, Pemkot berencana mengelontorkan anggaran sebesar 200 Milyar untuk mencegah penyebaran virus mematikan tersebut. Dengan anggaran yang tidak sedikit, diharapkan dapat membantu sektor-sektor prioritas untuk mencegah virus tersebut menyebar.

"Setelah beberapa kebijakan yang kita lakukan, Pemkot sepakat untuk memangkas anggaran-anggaran yang tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat. Target kita anggaran yang harus digeser ini kurang lebih sekitar 200 Milyar," ungkap Walikota Bengkulu, Helmi Hasan saat konferensi pers di Balaikota, Senin (30/03).

Ia pun menyebut bahwa jika diperlukan maka dirinya rela gaji dan tunjangannya ikut dipangkas demi kepentingan masyarakat.

"Jika diperlukan maka gaji Walikota dan Wakil Walikota bisa dipangkas juga," ucapnya.

Masih kata Helmi, dirinya mengaku akan segera menginstruksikan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk segera membahas perihal pemangkasan anggaran tersebut.

"Dalam satu atau dua hari ini TAPD bersama DPRD akan segera membahas anggaran di pos mana saja yang akan kita geser," jelasnya. [ogi]


Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00