Ingat! Warga Dilarang Jemur Padi Di Jalan

Nusantara  RABU, 25 MARET 2020 , 07:13:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Ingat! Warga Dilarang Jemur Padi Di Jalan

Tampak warga Jemur Padi di Jalan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Masyarakat Kabupaten Lebong, rupanya tidak menyadari bahaya menjemur gabah (padi) di jalan raya. Buktinya, pada Senin (23/3), banyak warga menjemur gabah hasil panen di jalan raya lintas Tes menuju Muara Aman.

Akibatnya hampir setengah badan jalan tertutup oleh gabah yang sengaja dijemur.

Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur melalui Kasat Lantas, AKP Panehan Washington Simamora mengingatkan, agar warga tidak lagi menjemur komoditas pertanian menggunakan badan jalan karena berbahaya dan menganggu lalu lantas.

"Nanti kita kasih tahu sama masyarakat, dengan bentuk himbauan. Yang jelas, menjemur padi di badan jalan dapat mengakibatkan laka lantas," ujarnya, kemarin (23/3) siang.

Selain itu, ia mengaku barang siapa sengaja menjemur padi di badan jalan, yang mengakibatkan pengguna jalan laka lantas maka perbuatan itu bisa dijerat pidana.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Undang-undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Jalan, serta UU RI Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Di mana dalam Pasal 12 berbunyi setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan, setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang milik jalan, serta dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang pengawasan jalan.

"Dilarang, bisa tipiring menjemur padi bukan pada tempat dan menjemur padi tempat jalan yang beraspal bisa menyebabkan terjadinya laka," tuturnya.  [tmc]





Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00