UNBK Pertama, Sekolah Terapkan Cuci Tangan Dan Tidak Bersalaman

Pendidikan  SELASA, 17 MARET 2020 , 08:08:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

UNBK Pertama, Sekolah Terapkan Cuci Tangan Dan Tidak Bersalaman
RMOLBengkulu. Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, Senin (16/3) merupakan hari dimana pelaksanaan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) digelar.

Meskipun saat ini tengah marak virus covid-19 yang telah masuk di Indonesia, bahkan telah memakan korban jiwa serta puluhan orang mendapatkan penanganan khusus guna penyembuhan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu masih tetap menjalankan ujian nasional berbasis komputer ini. Salah satunya SMK Negeri 5 Kota Bengkulu.

Disampaikan oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMK N 5 Kota Bengkulu, Rismaiti. Pelaksanaan UNBK untuk hari pertama dimulai pukul 08.00 dan berjalan dengan lancar.

"Sebanyak 181 siswa yang ikut UNBK di SMK N 5 Kota Bengkulu. Dari 181 orang tersebut terdiri dari 5 jurusan, dan ujiannya  dibuka melalui 2 sesi," kata Rismaiti, Senin (16/3) siang.

Lebih lanjut, dengan melihat keadaan saat ini. Pihak sekolah telah mengambil langkah untuk mengantisipasi para siswa agar tidak ada yang terjangkit virus covid-19 dengan menyediakan antiseptik serta melakukan cuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki ruang ujian.

"Selain atisipasi untuk mencegah matinya listrik pada saat melakukan ujian, pihak sekolah telah menyediakan antiseptik seperti hand sanitizer dan tisu," sambungnya.

Meski cukup merepotkan bagi pihak sekolah, dikarenakan penyediaan antiseptik yang cukup langka untuk didapatkan. Namun pihknya terus berupaya untuk memberlakukan hidup sehat sesuai dengan arahan Gubernur Bengkulu.

"Kita sudah keliling mencari antiseptik itu, dan dapat informasi langsung kami beli dan dapatlah 8 botol kecil. Kemudian ada juga  tisu basah, tisu kering yang disiapkan oleh pihak sekolah guna pencegahan covid-19," pungkasnya.

Pada saat mau masuk ruangan, para siswa harus mencuci tangannya dan juga membersihkan mouse dan keyboard. Setelah mereka keluar ruangan juga disarankan untuk membersihkan tangannnya dengan mencuci tangan.

Pihaknya juga mengintruksikan kepada para siswa untuk membawa alat tulis masing-masing dan tidak boleh bergantian.

" Sebelum memulai ujian juga pihak sekolah memberitahukan himbauan gubernur bengkulu yang salah satunya adalah berdoa agar para siswa semangat dan tetap menjaga kesehatan serta kehadiran dalam melakukan ujian ini,"  tambah Rismaiti.

Terpisah,  Kepala Bidang Pendidikan SMA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Raden Wahyu DP mengatakan pelaksanaan UNKB untuk hari pertama di Bengkulu berjalan dengan baik.
 
Mengingat kondisi yang saat ini, dan sesuai dengan instruksi Gubernur Bengkulu, untuk pelaksanan UNBK pihaknya mengacu pada protokoler ujian nasional yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

" Terkait instruksi Gubernur Bengkulu bahwa kita diharapkan untuk menjaga kebersihan. Seperti mencuci tangan, tidak perlu bersalaman. Dalam hal ini, untuk menjaga dari covid-19," tutup Wahyu.

Kendati demikian, dirinya berharap selama ujian nasional ini, di Provinsi Bengkulu berjalan aman, lancar  dan dilindungi serta tidak ada yang terkena penyakit, dan kita doakan semuanya sehat. [tmc]


Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00