Ada Semangat Akhiri Dinasti Politik Di Lebong

Politik  RABU, 26 FEBRUARI 2020 , 06:18:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Ada Semangat Akhiri Dinasti Politik Di Lebong

Qolbi Khori/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Secara aturan konstitusi, tak ada yang melarang praktik dinasti politik atau kekuasaan yang diisi oleh orang-orang yang memiliki ikatan darah selama proses terpilihnya melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Namun demikian, para pegiat demokrasi masih alergi terhadap dinasti politik yang terjadi pada pemerintahan Kabupaten Lebong.

Pengamat Politik yang juga Ketua Program Studi Doktor PAI IAIN Bengkulu, Qolbi Khori mengatakan, berlomba-lombanya partai melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Lebong, menjadi sebuah pertanda kalau di Lebong muncul semangat perubahan untuk mengakhiri politik dinasti.

"Kalau politik dinasti sepertinya tidak ada. Karena ada semangat perubahan untuk mengakhiri (politik dinasti, red) itu," ujarnya, Selasa (25/2) siang.

Menurutnya, mengacu pada pengertiannya, sebenarnya politik dinasti ini bak dua sisi mata uang, sebab bisa saja karena kompetensinya dia bisa menjadi pemimpin, atau sebaliknya, karena faktor kekerabatan bisa jadi pemimpin.

"Maka yang sangat disayangkan, bila seseorang punya kompetensi hanya karna stigma politik dinasti maka dia terciderai kemampuannya," lanjut dia menambahkan.

Oleh sebab itu, perlu atau tidaknya dinasti politik itu tergantung kompetensi seseorang yang digelar para partai politik di daerah itu.

"Menjadi menarik jika dikaji secara seksaama. Figur-figur baru muncul karena setidaknya ada keinginan perubahan dan mengakhiri politik dinasti yang sudah ada puluhan tahun tersebut," tuturnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Viral!! Aksi Menunggang Sapi Raksasa di Boyolali
Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

JUM'AT, 10 JULI 2020 , 21:30:00

New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

MINGGU, 05 JULI 2020 , 02:30:19

Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00