Pengelolaan Sampah Lebong Diapresiasi Dewan Sorolangun

Video  KAMIS, 20 FEBRUARI 2020 , 18:54:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

RMOLBengkulu. Keberhasilan Kabupaten Lebong menggaungkan pengelolaan sampah hingga keluar daerah, mendapat apresiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sorolangun, Provinsi Jambi.

Bahkan, puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN) yang digelar di Kabupaten Lebong tiap tanggal 20 Februari 2020, turut dimeriahkan oleh sejumlah legislatif asal Sorolangun tersebut.

Kegiatan HSPN 2020 ini dibuka langsung Asisten I Setda Lebong, Jafri mewakili Bupati Lebong, Rosjonsyah yang berhalangan hadir, Kamis (20/2) pagi.

Turut hadir Wakil Ketua (Waka) II DPRD Sorolangun, Jambi, Syahrial Gunawan beserta sejumlah anggota Komisi II DPRD Sorolangun.

Hadir pula, Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur, Kadis Lingkungan Hidup Lebong Zamhari Bahrun beserta jajaran, staf hingga petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup.

Kadis Lingkungan Hidup Lebong, Zamhari Bahrun, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sampah dari kulit padi dan kopi untuk menjadi bernilai ekonomis.

"Sinergitas juga sangat dibutuhkan sebagai bagian dari tanggung jawab kita semua terhadap permasalahan sampah di Lebong,” imbuhnya.

Senada dengan DLH Lebong, pada kesempatan tersebut anggota Waka II DPRD Sorolangun, Syahrial, juga tampil membacakan orasi ajakan kelola sampah.

Selain itu, kedatangan pihaknya turut juga ingin melihat langsung bagaimana  pengelolaan lingkungan hidup terhadap tambang dan perkebunan di daerah itu.

"Lebong itu memang salah satu daerah paling dekat dengan Sorolangun yang memiliki inovasi banyak terhadap pengelolaan sampah. Kunci pengelolaan sampah yang baik itu adalah pemilahan dari sumber, terutama dari rumah tangga. Dan memang Lebong sudah berhasil menerapkan itu," singkatnya.

Pantauan di lokasi, adanya demonstrasi cara memilah sampah. Kemudian, pihaknya juga mengajak semua pihak berinvestasi dengan memanfaatkan limbah kulit padi dan kopi menjadi kompos.

Dalam acara tersebut, para peserta diberi doorprize dengan syarat harus menjawab pertanyaan seputar lingkungan hidup yang telah disiapkan DLH Lebong.

Selain itu, sebagai tuan rumah yang baik, DLH juga menyambut tamu-tamu rombongan DPRD Sorolangun.

Selanjutnya, mereka mengunjungi PT PGE Hulu Lais terkait pengelolaan tambang dan perkebunan di sekitar kawasan perusahaan. Di tempat ini, mereka juga melihat bagaimana Lebong mengelola limbah Padi dan Kulit menjadi kompos. [tmc]



Rombongan Pemkab Lebong bersama DPRD Sorolangun

Perwakilan Dewan Sorolangun saat menyampaikan sambutan

Perwakilan rombongan DPRD Sorolangun saat memberikan door prize

Para tamu antusias menghadiri peringatan HSPN di Lebong

Zamhari saat memberikan baju usai salah satu petugas kebersihan DLH bisa menjawab pertanyaan

Tampak petugas kepolisian antusias memperingati HSPN 2020


Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00