Cegah Longsor Dengan Rumput Dari India

Daerah  SELASA, 18 FEBRUARI 2020 , 19:44:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ANTONI

Cegah Longsor Dengan Rumput Dari India
RMOLBengkulu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepahiang mengadakan rapat siaga darurat bencana yang bertema sosialisasi pengenalan tanaman penahan longsor Vetiver (vetiveira azizaniodes).

Menanggapi maraknya bencana longsor yang terjadi di Kabupaten Kepahiang BPBD mengajak seluruh masyarakat untuk peduli lingkungan dalam hal penanaman vetiver ditempat tempat yang dinilai rawan longsor.

Kepala Dinas BPBD Kabupaten Kepahiang, Taufik menjelaskan vetiver adalah sejenis rumput yang berasal dari india disebut juga chrysophogon zizaionides yang banyak digunakan untuk konservasi tanah dan air serta mitigasi bencana.

"Vetiver adalah sejenis rumput yang berasal dari india, tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal banyak orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian," tuturnya.

Akar vetiver diketahui mampu menembus lapisan tanah yang keras sehingga disebut kolom hidup dan akar tersebut akan membentuk pagar jika ditanam secara berdekatan.

Selanjutnya Taufik mengatakan, menanaman akar wangi di bibir sungai atau danau juga mencegah terkikisnya lapisan tanah sehingga menghambat erosi dan sedimentasi di badan air.

Serta akar wangi ini juga sangat toleran pada cuaca ekstrim, tahan hama penyakit, sangat efisien menyerap nutrisi tanah.

"Vetiver juga mampu beradaptasi dan akan tumbuh diberbagai kondisi tanah tahan terhadap variasi cuaca dan hama. Dan yang paling penting teknologi rumput vetiver membutuhkan biaya yang lebih sedikit," ungkapnya. [ogi]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00