30 Orang Terjangkit HIV/AIDS, Tersisa 8 Orang Masih Dalam Pengobatan

Daerah  SELASA, 18 FEBRUARI 2020 , 18:05:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

30 Orang Terjangkit HIV/AIDS, Tersisa 8 Orang Masih Dalam Pengobatan

Sekretaris Dinkes, Bustam Bustomo/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Mukomuko mencapai 30 kasus. Kasus ini terhitung sejak tahun 2009 hingga awal 2020.

Dari data yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, dari jumlah 30 penderita HIV/AIDS  saat ini masih ada sekitar 8 orang yang terus melakukan pengobatan. Sedangkan 22 orang lainnya tercatat sudah meninggal dunia.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo didampingi petugas kesehatan bagian Epidemiologi, Asmaniar mengatakan, dari 30 penderita ini tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Mukomuko dengan rata-rata usia 20-45 tahun.

"Ini tersebar menyeluruh dari 30 penderita HIV/AIDS usia rata-rata 20-45 tahun dan ini rata jumlahnya antara penderita laki-laki dan perempuan," jelas Bustam.

Saat ini RSUD Mukomuko sudah bisa dijadikan tempat pengobatan pasien penderita HIV/AIDS. Jadi tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan pengobatan seperti sebelumnya harus melakukan pengobatan penderita ke Padang ataupun Bengkulu.

"Sejak tahun 2015 lalu RSUD Mukomuko sudah bisa dijadikan tempat pengobatan pasien penderita HIV dengan dokter pemeriksa yang telah terlatih,"tambah Bustam.

Menurutnya, untuk melakukan pencegahan penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Mukomuko, Dinas Kesehatan bersama  Puskesmas  melakukan beberapa langkah seperti melakukan screening ke tempat-tempat hiburan malam. Selain itu masyarakat harus berperan serta melakukan sosialisasi dalam upaya pencegahan penyakit ini.

"Kami terus melakukan upaya-upaya pencegahan terkait penyakit berbahaya ini," ucapnya.

Ditanya apakah penyakit HIV sama seperti penyakit sipilis, Asmaniar mengatakan bahwa penyakit spilis merupakan pintu masuk untuk tertularnya penyakit HIV.

"Penyakit sipilis ini tanda atau pintu masuk akan tertular penyakit HIV karena penyakit ini adalah infeksi menular seksual, jadi ada permasalahan di bagian vitalnya. Hal ini disebabkan karena jamur, bisa bermacam-macam, ada jamur atau memang karena ada virus. Penyakit sipilis ini bisa disembuhkan  berbeda dengan penyakit HIV," pungkasnya. [ogi]


Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00