Masuk Wilayah Pengembangan Transmigrasi, Rejang Lebong Susun Masterplan

Daerah  RABU, 12 FEBRUARI 2020 , 13:04:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Masuk Wilayah Pengembangan Transmigrasi, Rejang Lebong Susun Masterplan

Kantor Dinsnakertrans Rejang Lebong/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Kabupaten Rejang Lebong saat ini masuk dalam salah satu daerah rencana pengembangan kawasan transmigrasi di Provinsi Bengkulu selain Kabupaten Bengkulu Tengah, Kaur dan Bengkulu Selatan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi, Sahfawi melalui Kabid Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Anes Rahman mengatakan, penetapan rencana pengembangan transmigrasi itu berdasarkan SK Kementerian Desa (Kemendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) No.106/2018, tentang Pengembangan Kawasan Transmigrasi.

"SK itu diterbitkan pada tahun 2018 dan kita terima pada 2019, saat ini kita masih mempelajari dan menyiapkan perencanaan pengembangannya, karena pengembangannya nanti akan melibatkan lintas sektor kementerian di pusat," kata Anes kepada awak media.

Kawasan transmigrasi di Rejang Lebong dalam SK Mendes PDTT tersebut dinamakan Kawasan Transmigrasi Padang Ulak Tanding yang meliputi tujuh kecamatan di wilayah Lembak, lantaran dari tujuh kecamatan itu semuanya terdapat lahan transmigrasi yang kini sudah menjadi desa mandiri.
Langkah awal penyusunan rencanan pengembangan wilayah transmigrasi yang mereka lakukan yakni membuat Masterplan, yang nantinya akan dipelajari dari kabupaten laun yang sudah berhasil mengembangkan kawasan transmigrasi, seperti Kabupaten Bengkulu Utara.

Dia menjelaskan, program transmigrasi saat ini sudah memiliki paradigma baru yakni pengembangan kaeasan, bykan lagi pemindahan penduduk ke daerah yang penduduknya masih jarang.

"Sehingga nantinya kawasan transmigrasi ini bisa maju dan menjadi ibukota jika ada pemekaran provinsi atau kabupaten baru," imbuhnya. [ogi]


Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00