OPD Harus Pintar Cari Tambahan Anggaran

Daerah  JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 07:10:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

OPD Harus Pintar Cari Tambahan Anggaran

Wawan Fernandez/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, dituntut pintar mencari tambahan anggaran, terutama mengusulkan anggaran (APBN) ke pemerintah pusat.

Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez mengatakan, maksimalnya pembangunan secara meyeluruh di daerah itu diperlukan kerjasama yang kuat untuk menjemput anggaran di pusat, pasalnya kalau hanya memakai APBD tidak cukup.

Menurut Wawan, perkembangan Lebong dalam pembangunan sudah mulai berkembang, akan tetapi untuk lebih menggeliat pembangunan masih terkendala dengan anggaran, hanya masih berpatokan dari Dana Alokasi Umum (DAU).

"Untuk membangun mentawai secara keseluruhan, musti di lakukan jemput bola untuk mendapatkan anggaran dari pusat. Beberapa OPD sudah melakukan itu," kata Wawan, Kamis (6/2) siang.

Dia mengutarakan, sinergitas program antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah itu sangat diperlukan.

Ia mencontohkan, pemerintah pusat tahun ini siapkan anggaran pembangunan jalan 1000 ruas, nah anggaran ini tidak diplot karena sifatnya seluruh Indonesia, maka untuk mendapatkan anggaran sebesar itu perlu di lakukan jemput bola.

"Strategi untuk mendapatkan anggaran dari pusat, musti terencana dengan mempersiapkan presentase, mempersiapkan profosal dan tim teknis, mari bersaing jemput anggaran, kalau sifatnya menunggu tidak bakalan turun anggaran dari pusat," tuturnya. [tmc]





Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00