Jumlah Penerima Jamkesda Tahun 2020 Capai 5890 Orang

Daerah  JUM'AT, 31 JANUARI 2020 , 18:25:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Jumlah Penerima Jamkesda Tahun 2020 Capai 5890 Orang

Sekretaris Dinkes Mukomuko, Bustam Bustomo/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten Mukomuko pada tahun ini menganggarkan anggaran untuk Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) kepada ribuan masyarakat yang kurang mampu. Jumlah penerima Jamkesda pada tahun ini mengalami kenaikan dari tahun lalu.

"Untuk penerima Jamkesda didaerah kita pada tahun ini mencapai  5890 orang sesuai SK Bupati.Jumlah penerima ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sejumlah 5573 orang," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo saat dikonfirmasi.

Lanjutnya, jumlah anggaran untuk program Jamkesda tahun ini mencapai Rp 2,9 Miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Mukomuko tahun ini.

"Total anggaran Jamkesda tahun ini Rp 2,986.560.000 sedangkan tahun lalu Rp 1,1 Miliar jadi jumlah anggarannya naiknya sangat signifikan dari tahun sebelumnya," jelas Bustam.

Bustam mengatakan bahwa data penerima Jamkesda ini diambil dari data Dinas Sosial (Dinsos) kemudian Dinas Kesehatan yang melaksanakan program ini dengan menyetorkan anggaran Jamkesda ke pihak Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

"Jamkesda ini kelas 3 dengan harga Rp 42 ribu . Kita menyetorkan anggaran ini ke BPJS dan setiap satu bulan kita melakukan rekon untuk melihat data penerima program Jamkesda ini," bebernya.

Ditambahkannya, tujuan rekon setiap bulan ini untuk mengetahui data penerima Jamkesda ini seperti  ada yang meninggal  dunia, pindah karena peningkatan status ekonomi dan lainnya.

"Rekon ini penting, jadi mengetahui para penerima Jamkesda. Kalau ada yang meninggal dunia atau pindah karena peningkatan status bisa dialihkan kepada yang lain yang membutuhkan dengan kriteria yang sudah ditentukan," demikian Bustam. [ogi]


Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00