DPT Pilkades Berbeda Jauh Dengan Data KPU

Daerah  KAMIS, 30 JANUARI 2020 , 10:21:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

DPT Pilkades Berbeda Jauh Dengan Data KPU

Bobby Harpa Santana/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pasca dilakukan verifikasi, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap III yang akan digelar di 56 desa di Rejang Lebong berbeda jauh dengan jumlah DPT dari Komisi Pemilihan Umum.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Suradi Rifai didampingi Kabid Kelembagaan, Sosbud dan Pemerintahan Desa Bobby Harpa Santana mengatakan, hasil verifikasi tim panitia tiap desa yang akan menggelar Pilkades jumlah DPT di 56 desa sebanyak 51.230 pemilih, sedangkan data pembanding dari KPU mencapai 80.000.

"Jumlah DPT Pilkades di 56 desa secara Final sebanyak 51.230, jumlah ini berbeda dari data pembanding dari KPU yang mencapai 80.000-an," kata kepada awak media, Rabu (29/1).

Dia menjelaskan, data yang diberikan dari KPU itu merupakan hanya sebagai informasi bagi masing-masing desa, namun penetapan DPT itu melalui sejumlah tahapan, mulai dari pendaftaran kemudian penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diumumkan ke masyarakat hingga penetapan DPT, dimana menurutnya jumlah DPT yang mereka terima dari masing-masing desa itu sudah dibuat berita acaranya.

Menurut dia, terjadinya perbedaan jumlah DPT hasil pendataan desa dengan KPU itu karena banyak faktor, salah satunya yakni pendataan yang dilakukan KPU secara menyeluruh, yakni berdasarkan data kependudukan, sedangkan panitia desa melakukan pendataan berdasarkan warga yang berdomisili di desa tersebut.

"Yang didata oleh desa ini berdasarkan Perbup Nomor 10 tentang Pilkades, warga yang masuk dalam mata pilih itu mereka yang bertempat tinggal atau berdomisili minimal enam bulan, yang KPU kita tidak tahu ketentuannya seperti apa mungkin ada ketentuan lain," bebernya.

Dia menegaskan, jumlah DPT yang telah diserahkan masing-masing desa saat ini sudah final, artinya tidak akan ada lagi pemilih tambahan, karena proses tahapan penetapan mata pilih sudah berakhir, sehingga hanya warga yabg merima undangan yang hanya bisa memilih.

Adapun 56 desa yang akan melaksanakan Pilkades tahap III pada 20 Februaru 2020 mendatang diantaranya empat desa di Kecamatan Curup Utara, tiga desa di Curup Timur, empat desa di Curup Selatan, satu desa di Curup Tengah, empat desa di Kecamatan Sindang Kelingi, satu desa di Sindang Dataran.

Kemudian lima desa di Kota Padang, lima desa di Kecamatan Sindang Beliti Ilir, delapan desa di Kecamatan Bermani Ulu, empat desa di Kecamatan Bermani Ulu Raya, empat desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding, selannutnya tiga desa di Kecamatan Binduriang, lima desa di Kecamatan Sindang Beliti Ulu serta lima desa di Kecamatan Selupu Rejang. [ogi]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00