Pemasungan ODGJ Masih Terjadi Di Rejang Lebong

Daerah  RABU, 29 JANUARI 2020 , 19:07:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Pemasungan ODGJ Masih Terjadi Di Rejang Lebong

Pemasungan ODGJ oleh pihak keluarga/Doc. Dinsos

RMOLBengkulu. Meski pemasungan terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) telah dilarang dalam Undang-undang, namun nyatanya hingga saat ini pemasungan masih di temukan di Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong, Zulfan Efendi mengakui, pemasungan itu masih mereka temukan saat melakukan pendataan di 15 Kecamatan.

"Dari hasil pendataan kita, masih ditemukan ODGJ yang dipasung oleh pihak keluarga karena permasalahn perawatan yang tidak baik sehingga kembali kambuh," ujar Zulfan kepada awak media, Rabu (29/1).

Pihak keluarga yang melakukan pemasungan merasa keberatan jika anggota keluarganya yang mengalani gangguan jiwa di rujuk ke Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO), karena dikhawatirkan kabur dan membahayakan orang lain.

Salah satu solusi yang akan dilakukan menurut Zulfan yakni dengan mendatangkan dokter jiwa dirumah ODGJ yang dipasung melalui program Home Visit yang akan dilakukan tim bersama Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Bappeda.

"Akan diupayakan memanggil dokter jiwa, sehingga bisa dilakukan pemeriksaan langsung kepada ODGJ yang masih dipasung, bisa diperiksa dan memastikan jenis obat apa yang bisa diberikan," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial, Edi Wirman menambahkan, berdasarkan pendataan ODJG di 15 Kecamatan, pemasungan ODGJ itu ditemukan di 10 kecamatan, dimana mereka yang dipasung adalah penderita gangguan jiwa kambuhan.

"Pemasungan terhadap ODGJ ini sudah tidak diperbolehkan lagi, karena bertentangan dengan HAM, dan hal ini sudah kita sampaikan kepada masing-masing keluarga," bebernya.

Dalam upaya mewujudkan bebas pasung, dalam waktu dekat pihaknya akan mengevakuasi ODGJ yang dipasung secara bertahap, nantinya para pasien akan dirujuk ke RSJKO untuk mendapatkan perawatan yang baik. [tmc]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00