Balon Kades Dari Empat Desa Jalani Ujian Seleksi

Daerah  SABTU, 18 JANUARI 2020 , 19:47:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Balon Kades Dari Empat Desa Jalani Ujian Seleksi

Suasana tes tertulis ujian seleksi Cakades/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sebanyak 25 bakal calon (Balon) kepala desa menjalani seleksi ujian penjaringan tes tertulis di Mapolres Rejang Lebong untuk dapat menjadi peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap III serentak.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Suradi Rifai mengatakan, 25 Balon Kades yang mengikuti ujian seleksi itu berasal dari desa yang pendaftar calon Kades nya melebihi 5 orang.

"Hari ini kita melakukan tahapan Cakades, sesuai aturan kalau calonnya lebih dari lima itu harus melakukan seleksi secara tes tertulis, kalau calon tunggal harus cari lawan," kata Suradi disela pelaksanaan tes tertulis, Sabtu (18/1).

Sebanyak 25 orang Balon Kades yang mengikuti seleksi tersebut berasal dari empat desa, meliputi Desa Air Merah Kecamatan Curup Tengah sebanyak enam orang, Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara sebanyak enam orang, kemudian Desa Air Kati Kecamatan Padang Ulak Tanding sebanyak enam orang dan Desa Kota Padang Baru Kecamatan Kota Padang Sebanyak tujuh orang.

Panitia seleksi sendiri menurut dia melibatkan berbagai Stake Holder yang ada, mulai dari Inspektorat Daerah, Dinas PMD, Badan Kesbangpol, TNI, Polri hingga Kejaksaan.

"Setelah tes selesai dilaksanakan maka hasilnya akan langsung diumumkan, namun kita tidak mengumumkan nama yang lulus, namun sebatas mengumumkan nilai," imbuhnya.

Hasil dari pelaksanaan tes tertulis itu ditambahkan dia akan diserahkan ke panitia desa dan panitia kecamatan masing-masing, sehingga pengumuman nama-nama yang lulus seleksi dilakukan oleh panitia desa dengan  acuan nilai tes tersebut.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 56 desa di Kabupaten Rejang Lebong akan menggelar Pilkades serentak tahap III pada 20 Februari 2020 mendatang, dari 56 desa tersebut, empat desa memiliki Balon Kades lebih dari lima orang. [ogi]


Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00