Petugas, Warga Dan Alber Berjibaku Singkirkan Material Longsor

Satu Alat Berat Diturunkan

Daerah  JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 00:52:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Petugas, Warga Dan Alber Berjibaku Singkirkan Material Longsor

Alber saat tiba di lokasi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Petugas berhasil menyingkirkan sebagian material longsor di ruas jalan Lebong menuju Rejang Lebong, persisnya di kawasan Ketelang Desa Talang Ratu, Kecamatan Rimbo Pengadang, Kabupaten Lebong, tadi malam Kamis (16/1) sekitar pukul 22.35 WIB.

Diberitakan sebelumnya, curah hujan relatif tinggi sejak sore hari mengakibatkan tanah ambrol hingga menutup hampir sebelah ruas jalan utama tersebut.

Bencana tanah longsor terjadi hingga menutupi akses jalan dua kabupaten itu beberapa jam. Akibatnya, kendaraan jenis apa pun tidak bisa melintasinya, karena tumpukan material tanah liat tersebut memenuhi badan jalan.

"Kami minta petugas ke lokasi. Kami mau pulang tidak bisa lewat karena jalan tertupi material," ujar Arjuni warga asal Kecamatan Lebong Sakti kepada RMOLBengkulu, yang juga pengguna jalan terjebak di lokasi.

Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur melalui Kabag Ops AKP Rafenil Yaumil Rahman mengatakan, mereka menyingkirkan material longsor berupa tanah dan pohon tumpah ke badan jalan yang menutupi akses jalan.

Menurutnya, tindakan pembersihan sisa material longsor dengan menggunakan cangkul ini agar tidak menghambat laju jalan lintas antar dua kabupaten tersebut.

"Akses sudah dibuka dan bisa dilewati pengguna jalan. Sembari menunggu alat berat," ujarnya, Kamis (16/1) malam pukul 23.35 WIB.

Menurutnya kejadian tanah longsor ini bukan baru pertama terjadi di kawasan tersebut. Longsornya tanah ini tak lepas dari lokasi tanah yang banyak bertebing. Sekaligus akibat tanah tergerus air hujan yang terjadi sejak sore.

"Untuk roda empat bisa lewat dengan bantuan didorong warga dan petugas," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kadis Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-P) Kabupaten Lebong, Joni Prawinata mengatakan,  pihaknya telah mengerahkan alat berat (alber) untuk membersihkan sisa material yang longsor di ruas jalan provinsi tersebut.

"Kami pastikan para pengguna jalan nyaman saat melintasi ruas jalan ini. Jangan sampai ada sisa-sisa material longsor karena akan membahayakan," ungkapnya.

Lanjut dia, dikerahkannya satu alat berat berupa beco loader itu karena di lokasi masih terdapat bongkahan pohon dan material besar. Posisinya berada pada bahu jalan sehingga cukup mengganggu arus lalu lintas kendaraan.

"Alat berat becoloader sudah dijalan munuju lokasi," tambah dia.

Sterilisasi di lokasi kejadian harus betul-betul dipastikan tidak ada lagi material yang tersisa karena akan membahayakan bagi pengguna jalan.

"Pembersihan melibatkan juga jajaran aparat Polsek dan Koramil setempat. Mudah-mudahan bisa selesai proses pembersihannya," demikian Joni. [tmc]




Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00