Melebihi Kuota, Calon Kades 5 Desa Jalani Ujian Penjaringan

Daerah  KAMIS, 16 JANUARI 2020 , 19:20:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Melebihi Kuota, Calon Kades 5 Desa Jalani Ujian Penjaringan

Rapat tim Kabupaten Pilkades serentak tahap III/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 56 desa di Kabupaten Rejang Lebong saat ini sudah memasuki tahap penetapan calon.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Suradi melalui Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa, Bobby Harpa Santana mengatakan, kuota pendaftaran saat ini sudah dipenuhi masing-masing desa yakni lebih dari satu pendaftar, bahkan dibeberapa desa ada yang melebihi kuota maksimal.

"Alhamudilah saat ini tidak ada calon tunggal, bahkan ada lima desa yang memilki lebih dari lima calon kepala desa," kata Bobby usai rapat tim panitia kabupaten, Kamis (16/1).

Adapun lima desa yang memiliki calon lebih dari lima orang tersebut, yakni Desa Air Kati Kecamatan Padang Ulak Tanding dengan jumlah pendaftar tujuh orang, kemudian Desa Tanjung Sanai I Kecamatan Padang Ulak Tanding sebanyak enam orang calon, Desa Air Merah Kecamatan Curup Tengah sebanyak enam orang calon.

Kemudian Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara sebanyak enam orang calon serta Desa Kota Padang Baru Kecamatan Kota Padang sebanyak enam orang calon.

Bagi bakal calon yang didesanya terdapat lebih dari lima calon, maka menurut dia, akan menjalani ujian penjaringan melalui tes tertulis dan tes wawancara.

"Ujian penjaringan atau seleksi bakal calon sendiri dilaksanakan pada hari Sabtu (18/1) nanti yang dilaksanakan di Polres Rejang Lebong, nantinya bakal calon tersebut akan diundang," bebernya.

Sementara itu, untuk jumlah total pendaftar calon kades sendiri, diakuinya hingga saat ini belum lengkap, lantaran ada beberapa kecamatan yang belum selesai melakukan perekapan.

Di sisi lain, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Rejang Lebong, Pranoto Majid yang memimpin rapat menambahkan, berdasarkan hasil rapat tersebut tahapan pelaksanaan Pilkades tahap III tidak ada kendala, pelaksanaan Pilkades tetap digelar pada 20 Februari 2020 nanti. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00