Beda Versi Soal SK Penetapan Ketua DPD Rejang Lebong

Politik  SELASA, 14 JANUARI 2020 , 20:15:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Beda Versi Soal SK Penetapan Ketua DPD Rejang Lebong

Kepengurusan DPD PAN Versi Musdalub/Doc. RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Terkait dualiasme kepemimpinan Partai Amanat Nasional (PAN) Rejang Lebong, ketua terpilih Masdalub PAN 2019, Fikri Thobari angkat bicara.

Dikonfirmasi awak media Fikri mengatakan, terkait permasalahan yang terjadi di tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) itu merupakan ranahnya Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN, yang artinya DPW PAN Bengkulu memegang kendali atas permasalahan DPD di daerah itu.

Sehingga menurutnya, dalam proses pergantian yang terjadi di DPD itu kewenangan DPW PAN, penerbitan SK Ketua DPD adalah DPW bukan DPP.

"Sesuai mekanisme PAN, SK itu yang menerbitkan DPW bukan DPP, SK DPW itu yang menerbitkan DPP, jadi sistemnya berjenjang," kata Fikri dikonfirmasi via telpon genggam.

Menurutnya, surat DPP yang dipegang oleh Rudi Irinto saat ini bukan SK, karena SK penetapan ketua DPD itu diterbitkan dari DPW Bengkulu, dimana SK Ketua DPD yang diterbitkan oleh DPW tersebut dipegang oleh dirinya yang sebelumnya terpilih secara aklamasi dalam Musdalub PAN Rejang Lebong yang digelar pada 23 September 2019 lalu.

Dia menambahkan, kepengurusan baru DPD PAN Rejang Lebong hasil Musdalub itu sendiri telah didaftarkan, termasuk di masukkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kesbangpol Rejang Lebong.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Rejang Lebong versi Musdalub, Daditama menambahkan, dalam internal PAN, SK Ketua DPD tidak pernah ada dikelurkan oleh DPP, melainkan dikeluarkan oleh DPW.

"SK ketua DPD itu yang mengeluarkan DPW, SK DPP itu pasti tidak ada, itu yang ditunjukkan mungkin hanya surat selembar yang sempat ditunjukkan ke saya juga waktu ke Kesbangpol," bebernya.

Dia menegaskan, dalam permasalahan tersebut, pihaknya bukan mengklaim dudukan Ketua DPD atau tidak, melainkan menjalankan perintah partai selaku kader partai.

"Saya kira mungkin nanti teman-teman bisa konfirmasi langsung ke DPW," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PAN Periode 2015-2020 yang dicopot dari jabatannya, Rudi Irianto menyatakan, jika dirinya telah kembali memegang jabatan Ketua DPD PAN Rejang Lebong setelah adanya SK dari DPP.

Dimana dari surat yang dirinya terima DPP memerintahlan DPW untuk mengemvalikan lagi jabatan Ketua DPD kepada ketua yang lama termasuk  mengembalikan jabatan Ketua DPD di tiga Kabupaten lainnya, yakni Ketua DPD PAN Kepahiang, Kabupaten Kaur dan Ketua DPD Kabupaten Seluma. [tmc]

Komentar Pembaca
China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00