DPT Pilkades 56 Desa Di Rejang Lebong Segera Diumumkan

Daerah  KAMIS, 02 JANUARI 2020 , 16:37:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

DPT Pilkades 56 Desa Di Rejang Lebong Segera Diumumkan

Achmed Chalid/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong  bakal mengumumkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan kepalan desa (Pilkades) serentak 56 desa.
Plt. Kepala Dinas PMD Rejang Lebong, Achmed Chalid mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan terhadap jumlah DPT, yang nantinya akan diumumkan.

"Pilkades 56 desa di Rejang Lebong akan digelar pada 20 Februari 2020, saat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran pemilih dan pencalonan, jika sudah selesai direkap akan segera diumumkan," kata Achmed kepada awak media.

Sejauh ini pihaknya telag meminta DPT dari KPU Rejang Lebong, data tersebut kemudian dilakukan validasi kembali guna mengetahui ada tidaknya warga yang belum terdaftar maupun pemilih yang sudah pindah domisili dan sebaginya.

Proses validasi DPT masing-masing sendiri menurut dia dilakukan langsung oleh panitia Pilkades ditingkat desa.

"Panitia Pilkades tingkat desa yang melakukan validasi DPT tersebut, jika sudah selesai akan segera diumumkan," imbuhnya.

Untuk tahapan Pilkades serentak 2020 selanjutnya setelah pendaftaran pemilih dan pencalonan yang dimulai dari tahap awal berupa pengumuman masa jabatan kepala desa oleh BPD pada Agustus 2019, kemudian tahapan persiapan berupa pembentukan panitia Pilkades tingkat kabupaten pada 16-25 November, selanjutnya tahap pencalonan dan pencalonan.

Kemudian tahap kampanye  dilaksanakan selama tiga hari terhitung 14 hingga16 Februari 2020 dan masa tenang 17 hingga 20 Februari 2020,  20 Februari tahap pemungutan dan perhitungan suara, serta dilanjutkan dengan penetapan calon terpilih ditingkat desa 21-23 Februari.

"Tahapan selanjutnya yakni pengesahan, pelantikan dan pembubaran panitia Pilkades tingkat desa, ini dilakukan jika tidak ada perselisihan hasil Pilkades yang tahapannya dimulai dari 24 Februari hingga 20 Maret 2020," bebernya.

Tahap terakhir sendiri yakni tahap penyelesaian sengketa, pengesahan, pelantikan dan pembubaran panitia Pilkades tingkat desa. Tahapan ini dimulai dari laporan panitia sampai dengan panitia dan pengawas Pilkades dibubarkan, terhitung 21 Februari sampai tanggal 19 April 2020. [ogi]


Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00