Jelang Pergantian Tahun, Harga Jagung Di Rejang Lebong Anjlok

Daerah  SENIN, 30 DESEMBER 2019 , 19:00:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Jelang Pergantian Tahun, Harga Jagung Di Rejang Lebong Anjlok

Jagung manis yang hendak dikirim keluar daerah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Meski permintaan mengalami peningkatan jelang malam pergantian tahun baru, harga jagung manis di Kabupaten Rejang Lebong justru mengalami penurunan.

Berdasarkan pantauan di salah satu gudang sayur di Rejang Lebong, yakni Gudang Sukardi di Kecamatan Selupu Rejang, harga jagung digudang hanya berkisar Rp 2.500 per kilogram sedangkan harga normal dikisaran Rp 4.500 hingga Rp 5.000 per kilogram.

"Jelang tahun baru harga jagung malah anjlok, dari Rp 4.500 saat ini hanya Rp 2.500 per kilonya, kalau harga di tingkat petani ya dibawah itu," kata Suarno (42) salah satu pegaei di Gudang Sukardi dikonfirmasi RMOLBengkulu, Senin (30/12).

Untuk permintaan jagung sendiri menurut dia saat ini mengalami peningkatan dari hari biasa, dalam seharinya permintaan dari luar daerah tembus diangka 40 ton.

"Kita mengirimnya ke Palembang dan Jambi, dalam sehari tembus 40 ton, kalau untuk di Bengkulu sekitar 15 ton, hingga saat ini total yang sudah kita kirim sekitar 130 ton," bebernya.

Diakuinya hari ini merupakan hari terakhir pengiriman, dimana Selasa (31/13) besok tidak ada proses pengiriman keluar daerah karena sudah masuk musim libur.

Turunnya harga jagung manis didaerah itu kata dia, kemungkinan besar karena banyaknya stok barang dan hasil produksi petani diberbagai daerah, seperti dari Provinsi Lampung.

"Jagung dari wilayah Rejang Lebong kan cukup banyak, gudang di sini kan banyak, mereka juga mengirim ke luar daerah, bisa-bisa ribuan ton yang dikirim keluar," imbuhnya.

Jika dibanding tahin sebelumnya pada saat moment yang sama yakni jelang pergantian tahun baru, harga jagung tahun ini lebih murah, dimana pada tahun 2018 lalu harga jagung masih berada diangka Rp 4.500 per kilogram. [ogi]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00