Rejang Lebong Baru Akan Punya Ripparda

Daerah  JUM'AT, 27 DESEMBER 2019 , 17:58:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Rejang Lebong Baru Akan Punya Ripparda

Upik Zumratul Aini/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pariwisata merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yang diunggulkan, namun nyatanya hingga saat ini Pemkab Rejang Lebong belum memiliki Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah atau Ripparda.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Upik Zumratul Aini mengakui jika Rejang Lebong belum memiliki Ripparda, dimana Ripparda tersebut baru disusun tahun ini.

"Selama ini kita belum punya Ripparda, namun saat ini sudah disusun baru selesai naskah akademisnya dan sudah dinaikkan ke Bagian Hukum, mudah-mudahan tahun depan sudah menjadi Perda," kata Upik dikonfirmasi RMOLBengkulu.

Dia mengatakan, belum adanya Ripparda tersebut berdampak terhadap dana pusat yang diterima daerah itu, seperti Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk sektor pariwisata, dia mengakui DAK yang diterima selama ini tergolong kecil.

"Kalau tidak ada Ripparda tidak ada standarlah, tidak ada acuan, Ripparda ini menjadi acuan kita dalam mengembangkan sektor pariwisata," imbuhnya.

Melalui Ripparda itu nantinya, seluruh potensi wisata yang dapat dikembangkan akan terinventalisir, yang kemudian pembangunan atau pengembangan yang dilakukan akan terfokus.

Didalamnya nanti juga akan ditentukan zona pariwisata, yang nantinya zona itu juga akan terintegrasi dengan zona pariwisata ditingkat Provinsi Bengkulu dan terintegrasi ditingkat nasional.
"Ripparda ini sangat penting, ketika kita berjalan dokumen inilah yang kita pegang," pungkasnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00