Cakupan KIA Di Rejang Lebong Masih Rendah

Daerah  SENIN, 23 DESEMBER 2019 , 08:25:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Cakupan KIA Di Rejang Lebong Masih Rendah

Mei Susanti menunjukkan KIA/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rejang Lebong telah menerbitkan sebanyak 5.832 keping Kartu Identitas Anak atau KIA.

Kepala Disdukcapil  Rejang Lebong, Muradi melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap mengatakan, jumlah anak pemegang KIA sudah mencapai 5 ribu lebih, namun secara persentase, cakupan pemegang KIA masih cukup rendah dibanding daerah lain di Provinsi Bengkulu.

"Secara persentase cakupannya masih terbilang rendah dibandingkan dengan beberapa daerah lain, secara persentase kita baru tercapai 7,3 persen dari sekitar 80 ribu anak di Rejang Lebong," kata Mei Susanti kepada awak media.

Dalam upaya mengejar ketertinggalan tersebut, pihaknya melakukan sistem jemput bola untuk pencetakan KIA ini dengan mendatangi sekolah-sekolah khususnya tingkat sekolah dasar.

Dia menjelasakan, dari sebanyak 195 SD negeri dan swasta di daerah itu, pihaknya baru mampu menjangkau 35 SD negeri dan swasta, itupun baru mereka lakukan di lima kecamatan meliputi Kecamatan Curup, Curup Tengah, Selupu Rejang, Sindang Kelingi dan Kota Padang.

"Selain wilayah kota curup, untuk tahap pertama ini kita fokus di Kecamatan Selupu Rejang dan Sindang Kelingi karena capaian akte kelahiran di dua kecamatan ini tergolong tertinggi, karena kita menyisir anak-anak yang telah memiliki akte kelahiran," bebernya. [tmc]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00