Enam Puskesmas Dinilai, Tiga Naik Kelas Tiga Resmi Terakreditasi

Daerah  RABU, 11 DESEMBER 2019 , 18:50:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Enam Puskesmas Dinilai, Tiga Naik Kelas Tiga Resmi Terakreditasi

Dinkes bersama jajaran Puskesmas Muara Aman/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong gelar akreditasi dan re-akreditasi enam puskesmas di Kabupaten Lebong yang dinilai langsung Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), belum lama ini.

Hasilnya, Puskesmas Tes, Puskesmas Talang Leak, dan Puskesmas Taba Atas, yang melaksanakan re-akreditasi yang semula berstatus dasar naik kelas menjadi madya.

Sementara, tiga puskesmas lainnya resmi menyandang status akreditasi usai dilakukan penilaian. Masing-masing Puskesmas Semelako dan Puskesmas Rimbo Pengadang dengan status dasar.

Sedangkan, Puskesmas Muara Aman sabet status utama. Sekaligus menjadi Puskesmas keempat yang mendapat akreditasi utama di Provinsi Bengkulu.

"Puskesmas Muara Aman mendapat nilai tertinggi dengan status utama," ujar Kadis Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman, Rabu (11/12) siang.

Dia menuturkan tinggal satu puskesmas lagi, yakni Puskesmas Kota Donok yang belum keluar hasil akreditasi usai dinilai tim Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Namun demikian, tambah Rachman, secara keseluruhan 13 puskesmas di Lebong sudah terakreditasi. Menurut dia, puskesmas yang sudah terakreditasi itu harus terus menerus melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Puskesmas Kota Donok nilainya tinggal tunggu keluar," ungkap Rachman.

Dia berharap, puskesmas di daerah itu tentunya dapat diakui melalui standar mutu sebagaimana telah di tetapkan dalam Menteri Kesehatan tentang reakreditasi fasilitas kesehatan tingkat utama, dan mendapatkan reakreditasi paripurna.

"Semua ini atas kerja keras semua pihak dan dukungan dari dinas. Sehingga, Puskesmas Muara Aman menjadi keempat meriah akreditasi utama di Provinsi Bengkulu," demikian Rachman. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00