12 Rumah Terdampak Longsor Masih Dikosongkan

BPBD Siapkan Opsi Relokasi

Daerah  RABU, 11 DESEMBER 2019 , 17:41:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

12 Rumah Terdampak Longsor Masih Dikosongkan

Longsor di Desa Sinar Gunung Kecamatan Sindang Dataran/ Ist

RMOLBengkulu. Bantuan untuk para korban terdampak tanah longsor di Desa Sinar Gunung Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong yang terjadi pada Selasa (10/12) pagi mulai mengalir.

"Bantuan untuk para korban dilokasi bencana sudah turun, baik dari Pemerintah Daerah seperti BPBD, Dinas Sosial, PMI dan isntansi lainnya," kata Basuki dikonfirmasi RMOLBengkulu, Rabu (11/12).

Bantuan yang diberikan kepada para korban menurut dia bervariasi, mulai dari logistik makanan, perlengkapan, hingga obat-obatan, bahkan dilokasi bencana juga sudah didirikan tenda penampungan.

Dia mengungkapkan, sebanyak 12 rumah yang nyaris longsor hingga saat ini masih dikosongkan alias ditinggal sementara, sedangkan penghuninya sementara waktu tinggal dirumah saudaranya masing-masing.

"Sementara waktu masing dikosongkan, tetapi mereka (penghuninya,red) tinggal di rumah saudaranya, sehingga tidak tinggal di tenda pengungsian, namu  tetap tenda penampungan di Standby kan," imbuhnya.

Terkait dengan upaya penaggulangan terhadap rumah warga yang nyaris tergerus longsor tersebut, ditambahkan Basuki, pihaknya akan melakukan kajian terhadap kondisi rumah tersebut, apakah akan dibangun dinding penahan atau justru dilakukan relokasi.

"Kita akan tinjau, kita kaji dulu kondisinya, apakah dibangun pelapis tebing atau relokasi, karena masih ada potensi longsor susulan. Sedangkan untuk jalan yang tertimbun longsor masih belum terbuka dan masih dalam upaya pembersihan material," demikian Basuki. [tmc]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00