BKSDA Bengkulu Persilahkan Dua Poktan Garap Hutan Pinus

Daerah  SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 18:35:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

BKSDA Bengkulu Persilahkan Dua Poktan Garap Hutan Pinus

Dua poktan tandatangi kerja sama/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dua kelompok tani (poktan) di wilayah Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, diizinkan mengelola getah pohon Pinus yang berada di blok pengelolaan Taman Wisata Alam (TWA) Danau Tes.

Hal itu setelah Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu melakukan kerjasama dengan kedua kelompok tani tersebut. Keduanya itu adalah poktan Awang Sejanyit, dan poktan Ario Tani.

Kegiatan berlangsung di Gedung Swarang Patang Stumang Bappeda Lebong, Selasa (10/12) pagi. Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lebong, Rosjonsyah, Kepala BKSDA Bengkulu Donal Hutasoit, Pabung Lebong Mayor Inf Yon Anison.

Hadir pula Kasat Intelkam AKP Ngatmin yang mewakili Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur, Kepala Bappeda Lebong, Eddy Ramlan, Camat Lebong Selatan, serta dua poktan di daerah itu.

Adapun dasar pelaksanaan perjanjian kerja sama kemitraan konservasi ini, antara lain blok pengelolaan TWA Danau Tes telah disahkan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Konservasi SDA dan Ekosistem Nomor: 168/KSDAE/SET.KSA.0/5/2019 tanggal 6 Mei 2019 tentang Blok Pengelolaan TWA Danau Tes.

Kemudian, mitra kerja sama adalah poktan Tani Ario Tani dengan legalitas berdasarkan Keputusan Kepala Desa Kota Donok nomor: 140/SK/411/XI/2018 tanggal 13 November tahun 2018 dengan jumlah anggota 22 orang.

Lalu, poktan Awang Sejanyit dengan legalitas berdasarkan Keputusan Kepala Kelurahan Tes nomor: 140/53/1002/11/2016 tanggal 2 Februari tahun 2016, dengan jumlah anggota 31 orang.

Terakhir, Direktur Jenderal KSDAE telah memberikan persetujuan dan arahan Kemitraan Konservasi pemberian akses pemungutan hasil hutan bukan kayu (HHBK) di Blok Tradisional TWA Danau Tes kepada dua poktan tersebut, dengan ketentuan masyarakat menjaga potensi, daya dukung, dan Keanekaragaman hatatu di TWA Danau Tes berdasarkan surat nomor: S.878/KSDAE/KK/KSA.1/II/2019 tanggal 7 November 2019.

Kepala BKSDA Bengkulu Donal Hutasoit mengatakan, penandatanganan kerjasama antara BKSDA dan dua poktan ini dalam rangka penguatan fungsi melalui kemitraan konservasi dalam bentuk pemberian akses pemungutan getah Pinus di blok tradisional TWA Danau Tes.

"Dengan pengelolaan yang lebih baru dengan mengakomodir masyarakat yang ada di konservasi untuk diberdayakan lebih optimal lagi," ujar dia, Selasa (10/12).

Dia berharap dengan kerjasama tersebut masyarakat sejahtera kawasan konservasi terjaga kelestariannya. Ia mengingatkan pertama tidak boleh meluaskan kawasan, kemudian menjaga satwa yang ada di daerah itu.

Adapun jangka waktu kerja sama pemanfaatan pinus di blok tradisional TWA Danau Tes akan berlaku hingga lim tahun kedepan. Sedangkan, untuk lokasi masing-masing Poktan Ario Tani seluas  90 hektare, san Poktan Awang Sejanyit dengan luas 56 hektare.

"Hutan pinusnya dijaga. Jangan sampai terbakar mengakibatkan kerusakan hutan pinus," tutupnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00