Tak Cukup Dapat Dukungan 30 DPW, Zulhas Juga Mesti Gaet Muhammadiyah

Politik  MINGGU, 08 DESEMBER 2019 , 06:20:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Tak Cukup Dapat Dukungan 30 DPW, Zulhas Juga Mesti Gaet Muhammadiyah

Zulhas harus gaet suara Muhammadiyah untuk bisa melenggang menjadi Ketum PAN/RMOL

RMOLBengkulu. Jelang Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) Februari tahun depan, enam tokoh sudah mulai disorot menjadi bakal calon ketua umum.

Mereka adalah mantan Ketua Fraksi PAN di DPR, Mulfachri Harahap; Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Drajad Wibowo; Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Asman Abnur; Petahana, Zulkifli Hasan; Walikota Bogor, Bima Arya; dan anak pendiri PAN Amien Rais, Hanafi Rais.

Namun nama yang paling ramai diperbincangkan adalah petahana Zulkifli Hasan atau akrab disapa Zulhas.

Ia disinyalir bakal kembali naik menjadi Ketum karena didukung oleh 30 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) atau kepengurusan di level provinsi.

Menurut pengamat politik dari lembaga survei Saiful Mujani Reserch and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas, dukungan sebanyak itu belum cukup untuk membawa Zulhas ke kursi pimpinan PAN untuk kedua kalinya.

Pasalnya, PAN yang sangat erat hubungannya dengan Muhammadiyah juga memiliki masyarakat yang turut memengaruhi suksesi ketua umum.

"Oleh sebab itu, misalkan pak Zulhas mengklaim atau memiliki dukungan cukup banyak dari wilayah, saya kira belum jaminan dia akan memenangkan perebutan ketua umum," kata Sirojudin saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (7/12).

"Karena nanti yang akan ikut bersuara itu bukan hanya pengurus partai loh, jangan salah. Nanti pengurus-pengurus Muhammadiyah juga ikut mengendorse secara informal," sambung Sirojudin.

Di samping itu, Sirojudin menilai bahwa sosok Amien Rais masih sangat kuat di Muhammadiyah. Jika dibandingkan Zulhas yang kredibilitasnya masih diragukan di mata Muhammadiyah.  

Hal itu bisa dilihat dari sikap Amien Rais di Pilpres 2019 yang mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno, dan turut memengaruhi elektabilitas PAN.

"Saya tidak melihat indikasi kredibiltas Pak Zulhas di hadapan Muhammadiyah cukup kuat. Nah para pendukung Muhammadiyah masih mau di PAN karena masih ada representasi ideologis dan ketokohan Pak Amien Rais di situ," tandasnya. dilansir RMOL.ID. [ogi]




Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00