Sempat Buron, Pelaku Cabul Bocah 13 Tahun Berhasil Diringkus

Hukum  KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 15:51:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Sempat Buron, Pelaku Cabul Bocah 13 Tahun Berhasil Diringkus

Pelaku saat diamankan petugas/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Polsek Lebong Selatan, berhasil mengamankan seorang tersangka kasus persetubuhan terhadap anak dibawah umur yang terjadi di sekitar saluran PLTA Tes.

Tersangka seorang lelaki berinisial RA, 21 tahun, warga Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan, ditangkap petugas pada Kamis (9/12) sekitar pukul 09.30 WIB.

Diketahui kasus persetubuhan dilakukan oleh tersangka terhadap Mawar (nama samaran) yang masih berusia 13 tahun, warga Lebong Selatan pada bulan Juli 2019.

Kejadian ini terbongkar ketika ayah korban curiga tingkah lalu korban. Dimana saat pelaku bertemu dengan korban, namun korban justru selalu menghindar.

Atas dasar itu, orang tuanya pun mulai curiga, oleh orang tuanya meminta kepada saudara korban untuk menanyakan dan membujuk korban. Hingga akhirnya korbanpun menceritakan bahwa dirinya telah disetubuhi, mendengar hal tersebut orang tua korban keberatan dan melaporkannya kepada pihak kepolisian.

Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur melalui Kapolsek Lebong Selatan Iptu L. Naibaho mengatakan, sebelum diringkus polisi di area simpang 3 arah SMAN 2 Lebong Selatan, tersangka sempat berstatus buron beberapa bulan.

"Tersangka kami amankan berdasarkan laporan polisi nomor laporan polisi nomor Lp/ B 110/ VIII / 2019/ Bkl/ res lebong/ sek Lebong selatan tanggal 13 Agustus 2019, tentang perkara pidana persetubuhan anak di bawah umur,” terang Naibaho, Kamis (5/12).

Menurutnya, perbuatan bejat tersangka tersebut diketahui sudah dilakukan sebanyak dua kali terhadap korban, diawali pada 21 Juli sekitar pukul 20.00 WIB, dan terakhir tanggal 25 Juli pukul 20.00 WIB.

Hal itu dilakukan oleh laki-laki yang sehari-hari berstatus pengangguran di area saluran PLTA Tes, dan beberapa tempat lain di daerah wilayah Lebong Selatan.

"Modus yang dilakukan tersangka adalah membujuk korban. Setelah diinterogasi keluarga, akhirnya korban mau mengaku," jelas kapolsek.

Saat ini tersangka telah diamankan di ruangan penyidik Polsek Lebong Selatan untuk menjalani proses pemeriksaan terkait dengan tindak pidana yang dilakukannya.

Lebih jauh, Naibaho mengatakan perbuatan cabul adalah salah satu yang meresahkan masyarakat dan sudah sering terjadi di wilayah lebong selatan. Meskipun, ia mengaku rutin mengimbau sekaligus mensosialisasikan di sekolah maupun di masjid.

"Pelaku dijerat dengan pasal 81 ayat 2 UU RI No 17 Tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU no 1 tahun 2016 atas perobahan ke 2 atas UU nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak," demikian Naibaho. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00