Tidak Bisa Dirubah, Nama Sah Rimau Gerga Lebong

Daerah  SABTU, 23 NOVEMBER 2019 , 05:35:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Tidak Bisa Dirubah, Nama Sah Rimau Gerga Lebong

Jeruk Gerga Lebong/Net

RMOLBengkulu. Komoditas jeruk gerga dinilai tidak bisa dirubah. Bahkan, varietas tanaman holtikultara itu sudah terdaftar di Kementerian Pertanian (Kementan) RI dengan nama Rimau Gerga Lebong (RGL).

Itupun belakangan ini tengah hangat jadi perbincangan publik. Menyusul, Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi melaunching jeruk gerga asal Rejang Lebong secara resmi, Rabu (20/11) kemarin.

Kadis Pertanian dan Perikanan Lebong, Emi Wati melalui Kabid Tanaman Pangan Hortikultura Sugiono mengatakan, selama genetik dan ciri-ciri diskripsi varietas tanaman tersebut sama, maka namanya tetap harus RGL.

"Sesuai SK Mentan nomor 220/Kpts/SR.120/6/2012 tentang Pemberian Tanda Daftar Varietas Tanaman Holtikultura, bahwa RGL telah terdaftar," ujar Sugiono dalam keterangan yang diterima RMOLBengkulu, Jum'at (22/11).

Dia mengutarakan, RGL sudah teregitrasi varietas dengan nomor: 0159/A.JrK/DKLBG/2012. Oleh sebab itu, menurutnya dimanapun tanaman tersebut maka penamaannya tetap harus RGL.

"Kalau sekedar nanam boleh. Tapi, kalau membuat nama baru tidak boleh. Misalnya beras Thailand keberadaannya di Lebong, namun tetap namanya ya beras Thailand. Tidak boleh dirubah namanya selain beras Thailand," sambung Sugiono.

Masih kata Sugiono, pihaknya belum ada rencana mengambil royalti dari nama RGL tersebut dari Pemkab Rejang Lebong. "Sekali lagi proses pemberian nama selama genetiknya sama maka tidak bisa dirubah. Yang jelas sejauh ini namanya RGL sebagaimana SK Mentan," demikian Sugiono. [tmc]





Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00