Dukcapil Rejang Lebong Cetak 3.365 KIA Selama Dua Bulan

Daerah  SELASA, 05 NOVEMBER 2019 , 19:39:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Dukcapil Rejang Lebong Cetak 3.365 KIA Selama Dua Bulan

Tinta riborn yang sempat jadi kendala pencetakan KIA/ RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong baru melakukan pencetakan masal Kartu Identitas Anak (KIA) sejak September 2019 kemarin, dimana hingga saat ini KIA yang sudah tercetak sebanyak 3.365 keping.

Kepala Dinas Dukcapil Rejang Lebong, Muradi melalui Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap mengakui, proses pencetakan KIA di daerah lambat karena terkendala ketersediaan tinta printer atau riborn, seharusnya pencetakan dilakukan sejak tahun 2018 lalu.

"Hingga saat ini KIA yang sudah dicetak mecapai 3.365 keping, pencetakan saat ini masuk tahap ketiga yang menyasar 16 sekolah dasar baik sekolah negeri maupun swasta," kata Mei Susanti kepada awak media, Selasa (5/11).

16 sekolah tingkat SD yang menjadi sasaran pencetakan KIA secara masal itu terdiri dari tujuh sekolah baik sekolah SD negeri maupun swasta yang berada di Kecamatan Curup dan Kecamatan Curup Tengah serta sembilan SD di Kecamatan Selupu Rejang, yang mana sekolah di Kecamatan Selupu Rejang dalam tahap pengumpulan data.

"Sejauh ini kita tidak menemui kendala, tinta riborn masih tersedia cukup banyak begitupula dengan stok blanko masih tersedia 16.135 keping dari stok awal sebanyak 19.500 keping," bebernya.

Pencetakan KIA secara masal yang dilakukan tahun ini sendiri ditambahkan Mei Susanti, pihaknya fokuskan untuk para siswa SD, dan rencanya tahun depan mulai menyasar pelajar SMP. [tmc]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00