Kemendagri Batasi Pengambilan Stok Blanko KTP-El

Daerah  SENIN, 04 NOVEMBER 2019 , 20:21:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Kemendagri Batasi Pengambilan Stok Blanko KTP-El

Ruang pelayanan Dinas Dukcapil RL/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) saat ini diketahui mulai membatasi pengambilan stok blanko KTP-el bagi tiap daerah, yang artinya ketersediaan stok blanko KTP-el makin sulit.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong, Muradi melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap mengatakan, saat ini Kemendagri hanya memberikan jatah 500 keping blanko KTP-el setiap bulan.

"Saat ini pengambilan stok blanko KTP-el dibatasi, jika sebelumnya setiap kita minta hanya diberi 500 keping dan kita bisa minta seminggu sekali, namun sekarang selain dibatasi 500 keping kita juga hanya boleh minta sebulan sekali," kata Mei Susanti, Senin (4/11).

Selain itu pengambilan stok melalui Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu juga menurut dia juga dibatasi, yakni dalam sebulan hanya diberi 1.000 keping untuk 10 kabupaten kota, dimana sebelumnya bisa mengambil 2 ribu keping dengan waktu tak dibatasi.

Dengan aturan baru tersebut menurut dia, dalam waktu sebulan Dinas Dukcapil Rejang Lebong hanya mendapat jatah sebanyak 700 keping.

"Kondisi ini tentu mendambah daftar panjang PRR (Print Ready Record) untuk masyarakat yang baru akan membuat KTP, saat ini PRR mencapai 627 orang, sedangkan stok blanko kita sudah kosong sejak hampir dua minggu," bebernya.

Dengan terbatasnya ketersediaan blanko KTP-el tersebut, pihaknya mengeluarkan surat keterangan sementara atau KTP sementara bagi masyarakat yang ingin melakukam perubahan data. [tmc]

Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00