Defisit, Pemkab Usahakan Tidak Ada Tunda Bayar Kegiatan 2019

Daerah  KAMIS, 24 OKTOBER 2019 , 07:32:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Defisit, Pemkab Usahakan Tidak Ada Tunda Bayar Kegiatan 2019

Erik Rosadi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sebagian pelaksanaan kegiatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkoab) Lebong diperkirakan kembali mengalami tunda bayar pada tahun 2019 ini.

Kondisi tersebut akibat pengaruh defisit anggaran yang bakal terjadi menjelang akhir tahun mendatang.  

Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Erik Rosadi tak menampik, tunda bayar kegiatan fisik bakal terjadi dalam pembayaran pelaksanaan kegiatan yang tengah berlangsung. Namun, pihaknya berupaya agar hal tersebut tidak terjadi.

"Tapi, ini belum final karena apabila kondisi RKUD di akhir tahun ini memungkinkan. Maka tidak menutup kemungkinan kita bayar di penghujunh tahun, sama seperti tahun sebelumnya," ujar Erik, kemarin (19/10).

Dijelaskannya, tunda bayar terjadi lantaran pendapatan dari pemerintah daerah tidak sesuai dengan target atau masuk pada waktunya. Sehingga berdampak pada keuangan yang dimiliki Pemkab Lebong.

Dengan kondisi ini, kata dia, maka pihaknya tidak memiliki pilihan lain selain melakukan kebijakan tunda bayar. Karena Pemkab tidak punya dana untuk membayar pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah dikerjakan rekanan.

"Berdasarkan perbup terkait tunda bayar itu sebanyak Rp 50 persen dari total nilai kegiatan. Tapi, itu nanti kita lihat perkembangannya. Perintah pak sekda, tunda bayar ini akan kita tuntaskan. Jangan sampai jadi PR bupati berikutnya," demikian Erik. [tmc]



Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00