Rejang Lebong Masih Punya Kopi Peninggalan Belanda

Daerah  RABU, 23 OKTOBER 2019 , 19:28:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Rejang Lebong Masih Punya Kopi Peninggalan Belanda

Kopi Wilhelmina peninggalan bangsa Belanda / Ist

RMOLBengkulu. Hingga saat ini Kabupaten Rejang Lebong masih memiliki tanaman kopi peninggalan Bangsa Belanda, yang disebut Kopi Wilhelmina.

"Kopi Belanda atau Kopi Wilhelmina masih terdapat di Kabupaten Rejang Lebong, kopi jenis ini terdapat di Desa Sindang Jaya Kecamatan Sindang Kelingi," kata Kabid Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, M. Yusuf kepada awak media, Rabu (23/10).

Kopi Wilhelmia sendiri merupakan sebutan warga sekitar terhadap kopi peninggalan Belanda, dimana nama itu diambil dari nama Ratu Belanda yang berkuasa pada tahun 1948 sampai  tahun 1962.

Kopi peninggalan Belanda saat menjajah Indonesia dahulu itu menurut dia sebelumnya juga ditemukan di Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi, yang diduga dahulunya usaha perkebunan kopi yang telah berusia ratusan tahun, yang karena sesuatu hal kemudian ditinggalkan dan dialihkan menjadi perkebunan teh sehingga juga ditemukan perkebunan teh Belanda.

"Kopi Belanda ini juga ditemukan di Desa Bengko, Kecamatan Sindang Dataran, sedangkan untuk tanaman teh peninggalan Belanda ini ditemukan di wilayah Desa Baru Manis, Kecamatan Bermani Ulu," bebernya.

Dia menambahkan, masih terdapatnya tanaman kopi dan perkebunan teh peningginggalan Belanda itu bisa menjadi potensi agro wisata di Provinsi Bengkulu, sehingga keberadaannya harus dilestarikan sebagai Plasma Nutfah dan juga menjadi sumber daya genetik Rejang Lebong.

"Tanaman kopi ini diperkirakan jenis arabika bourbon. Jumlahnya ada ribuan batang, untuk yang di Desa Sindang Jaya ada sekitar 1.000 batang dengan luasan kebun dua hektare, belum lagi yang ada di desa-desa lainnya," pungkasnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00