Sempat Tertinggal, Rejang Lebong Cetak KIA Secara Masal

Daerah  SELASA, 08 OKTOBER 2019 , 07:01:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Sempat Tertinggal, Rejang Lebong Cetak KIA Secara Masal

Kartu Identitas Anak (KIA) / RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sempat ketinggalan dengan kabupaten/ kota lain di Provinsi Bengkulu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rejang Lebong saat ini mulai melakukan pencetakan masal Kartu Identitas Anak atau KIA.

Kepala Dinas Dukcapil Rejang Lebong, Muradi melalui Kabid  Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap mengatakan, pencetakan masal KIA untuk tahap awal tersebut, pihaknya menyasar para siswa sekolah tingkat sekolah dasar.

"Pencetakan KIA saat ini mulai kita lakukan secara masal, untuk tahap awal ini kita sasar pelajar di sejumlah sekolah tingkat SD," kata Mei Susanti dikonfirmasi, Senin (7/10).

Sekolah yang menjadi sasaran pencetakan KIA secara masal itu diminta untuk menyerahkan data para siswanya masing-masing secara kolektif, dimana hingga sekarang sudah terdapat dua sekolah yang KIA nya sudah melaksanakannya.

Yakni SDN 1 Rejang Lebong dari 364 berkas yang diajukan yang sudah dicetak sebanyak 256 berkas, sisanya 198 berkas dikembalikam ke sekolah dan SDN 2 Rejang Lebong dari 630 berkas yang diajukan yang dicetak sebanyak 515 berkas sedangkan sisanya 115 berkas dikembalikan kesekolah.

"Berkas yang kita kembalikan kesekolah ini dinyatakan belum lengkap dan harus dibenari, contohnya seperti masih adanya domisili siswa diuar Rejang Lebong, kemudian ada data yang tidak selaras dengan data base dan lainnya," ujar Susan.

Untuk pencetakan KIA di sejumlah sekolah lainnya menurut dia berkasnya tengah disiapkan dan dilengkapi, seperti di sekolah swasta yakni SDIT Taman Harapan yang berkas data siswanya mencapai 1.000 lebih harus dikembalikan karena belum melapirkan golongan darah masing-masing siswa.

"Rejang Lebong sebelumnya kan sempat tertinggal dalam pencetakan KIA ini, ada kabupaten lain sebelumnya di periode sama yang capaiannya sudah 17 persen namun kita baru 0,02 persen, jadi secara bertahap kita penuhi pencetakan KIA ini," imbuhnya.

Dengan telah dilakukannya proses pencetakan KIA secara masal itu, hingga saat ini total KIA yang telah dicetak di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 1.576 keping kemudian untuk stok blangko sendiri sebanyak 17.924 keping dengan total anak wajib KIA berkisar 78 ribu anak, dimana untuk tahap awal ini Disdukcapil hanya melayani cetak baru. [tmc]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00