Berkat Sampah, Wanita Ini Bisa Keliling Dunia

Nusantara  RABU, 25 SEPTEMBER 2019 , 19:43:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Berkat Sampah, Wanita Ini Bisa Keliling Dunia

Founder Bank sampah saat mempraktekan daur ulang sampah plastik/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Inovasi membuat kerajinan tangan dari limbah plastik rumah tangga patut diacungi jempol. Sebab, berkat barang-barang daur ulang itu seorang wanita yang ditunjuk sebagai mentor di Galeri Bank Sampah Universitas Budi Luhur, Jakarta ini bisa keliling dunia.

Itupun usai jurnalis RMOLBengkulu menyambangi salah satu stan milik Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, dalam kegiatan GTTG nasional ke 21 tahun 2019 yang dipusatkan di Sport Center.

Founder Bank Sampah, Tutik Asmawi mengatakan, ia dipercayakan Pemerintah DKI Jakarta untuk mengolah sampah rumah tangga dan menjadi mentor di Galeri Bank Sampah Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Atas kesempatan itu ia bersama mahasiswa binaannya ingin mengedukasi masyarakat, bahwa sampah plastik bisa menjadi sumber pendapatan.

"Dalam GTTGN ke 21 ini, saya bersama mahasiswa binaannya datang dari Jakarta membawa misi meneladani masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah, tapi dipilah, dan diolah di rumah sendiri," kata Tutik dibincangi RMOLBengkulu.

Dirinya juga menyebutkan bahwa sampah yang dimaksud adalah sampah bekas bungkus kopi sachet ataupun sampah plastik rumah tangga lainnya yang ada di lingkungan sekitar.

"Contohnya, selama setahun kantin Universitas Budi Luhur telah mengumpulkan ribuan bungkus sachet kopi yang kemudian disulap menjadi berbagai kreatifitas seperti dompet,  kotak pensil, tas, topi, dan tikar daur ulang seluas 100 meter persegi dari 300 ribu lembar sampah pelastik yang dikumpulkan selama satu tahun, " ungkapnya.

Dia menambahkan, berkat daur ulang ini
ia beberapa kali wira-wiri ke sejumlah negara Eropa untuk menunjukan karyanya, dan sudah mengikuti beberapa pameran internasional di 34 negara. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00