Airlangga Hartarto Dekat Dengan Sosok Bersih

Politik  SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 06:46:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Airlangga Hartarto Dekat Dengan Sosok Bersih

Ketum Airlangga Hartarto/RMOL

RMOLBengkulu. Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar yang dilaksanakan pada bulan Desember mendatang mulai ada pengelompokkan dalam menunjang kerja-kerja pemenangan kandidat calon ketua umum selanjutnya. Dua kelompok mengklaim kehebatan para calon yang didukung.

Analis politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan, kemunculan kelompok ini adalah gambaran berupa dua kubu yang pastinya memiliki jalan yang berbeda. Misalnya, pihak pertama ingin Partai Golkar menjadi bersih dan baru, dan pihak kedua mengarah sebaliknya.

Kalau dikelompokkan maka ada dua arus utama itu, diumpamakan ada Golkar Putih dan Golkar Hitam. Persepsi hitam versus putih ini sering muncul jelang Munas, karena kedua pemilik suara biasanya membanding-bandingkan kandidat yang ada,” ujar Hendri dalam forum diskusi yang digelar Front Page Communication baru-baru ini.

Golkar Putih yang membawa angin perubahan besar dengan aspek kebaruan yang dibawa serta citra sebagai partai bersih dengan figur yang relatif dipercaya karena integritasnya. Dan Golkar hitam yang justru dipersepsi pragmatis, oportunis dan bisa saja bila salah langkah malah merusak Golkar," imbuhnya menjelaskan.

Persepsi antara hitam dan putih menjelang kongres ini, kata Hendri, adalah sebuah hal yang memberikan arti bagi para pendukungnya masing-masing. Apalagi hal ini juga akan mempengaruhi bagi sosok calon ketua umum yang maju Munas nanti.

"Representasi itu ada pada kandidat Caketum yang akan maju pada Munas. Tinggal adu kuat apakah yang hitam atau putih yang menang. Atau memang tidak ada yang hitam dan keduanya saat ini sama-sama putih?" tanyanya.

Untuk calon yang maju, diketahui sudah ada dua kandidat diantaranya Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo. Hendri berpandangan sosok Airlangga dekat dengan persepsi Golkar Putih karena sosok yang bersih dan memiliki ide yang besar dalam membesarkan partai.

"Mungkin juga karena Airlangga lebih dikenal ya, sehingga citra baik mudah terbentuk," ungkapnya.

Apalagi dalam sejarah Partai Golkar, dari dahulu sampai sekarang selalu tidak jauh dari lingkar kekuasaan. Dari kedua kandidat, yang memiliki posisi itu hanya dimiliki Airlangga yang mendapat kepercayaan sebagai Menteri Perindustrian dibawah kepemimpinan Joko Widodo.

"Dan posisi itu saat ini ada bersama Pak Airlangga," tukasnya. dilansir RMOL.ID. [ogi]



Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00