Angka Perceraian Di Kota Bengkulu Tinggi, Ini Kata Kemenag

Pemerintah Kota Bengkulu  JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 17:38:00 WIB | LAPORAN: AAN SUGIMAN

Angka Perceraian Di Kota Bengkulu Tinggi, Ini Kata Kemenag

Rolly Gunawan Kasi Bimas Islam/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Perceraian di Kota Bengkulu relatif tinggi. Untuk menekan tingginya angka perceraian tersebut, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu utamakan mediasi.

Kepala Kemenag Kota Bengkulu, Melalui Kasi Bimas Islam Rolly Gunawan menjelaskan, apabila ada pasangan suami istri mengajukan perceraian pihaknya melakukan upaya mediasi.

"Kita lakukan mediasi terlebih dahulu sampai 3 kali. Kalau tidak juga mau rujuk, maka akan kita keluarkan rekomendasi persetujuan untuk dilanjutkan ke tahap pengadilan agama," ucapnya Jum'at (20/9).

Sayangnya, ia tidak menyebut secara detail berapa angka perceraian di daerah itu. "Ada ratusan pasangan yang cerai setiap tahun di Kota Bengkulu data terlengkap itu di Pengadilan Agama," terang Rolly.

Untuk itu, lanjut Rolly, pihaknya meminta kepada jajaran Bimas Islam seperti KUA di kecamatan-kecamatan untuk membuat program yang lebih jitu dalam memberi bimbingan kepada pasangan yang akan menikah.

Termasuk, juga memberi bimbingan pernikahan kepada pasangan yang lebih mudah atau tergolong pernikahan dini.

Faktor lain yang harus lebih ditingkatkan adalah pemahaman agama para pasangan, agar mereka bisa lebih kuat dalam mempertahankan keluarganya.

"Kebanyakan konflik rumah tangga itu dikarenakan faktor ekonomi, dan komunikasi yang tidak nyambung sehingga memicu terjadinya kekerasan dalam rumah tangga," tutupnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00