Total 91, Hanya Dua Desa Belum Memiliki BUMDes

Daerah  MINGGU, 04 AGUSTUS 2019 , 18:48:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Total 91, Hanya Dua Desa Belum Memiliki BUMDes

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Sedikitnya tercatat ada 91 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Lebong, dapat diandalkan menjadi salah satu motor penggerak perekonomian di tingkat desa.

Walaupun demikian, jumlahnya masih diluar harapan. Dimana dari 93 desa yang ada di Kabupaten Lebong, baru ada 91 BUMDes yang terbentuk. Sisanya dua desa lagi belum sama sekali membentuk BUMDes, yakni Desa Bioa Putiak dan Ketenong I Kecamatan Pinang Belapis.

Begitu disampaikan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Lebong, Reko Haryanto melalui Kabid PMD, Eko Budi Santoso.

"Ada dua desa belum terbentuk BUMDes, yakni Desa Bioa Putiak dan Ketenong I. Itu karena dua desa ini kadesnya baru,” kata Eko dibincangi, kemarin (3/8) siang.

Rata-rata, kata Eko, jumlah BumDes bergerak di bidang pertanian, pengelolaan air, hingga perdagangan. Ia menyatakan ada beberapa BUMDes yang sudah terbentuk dalam kondisi tidak sehat.

Disisi lain, ada juga beberapa Bumdes di Lebong yang berhasil memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Terutama dalam pengelolaan air.

"Sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo bahwa pembangunan harus dimulai dari desa, karena itu keberadaan BUMDes menjadi salah satu bagian vital yang harus segera dilaksanakan," sambungnya.

Terkait permodalan, pihak desa sudah bisa berjaga-jaga. Sebab, pendiriannya sendiri berdasarkan musyawarah desa dan langsung diperdeskan yang diketahui Kades dan BPD setempat.

"Bisa melalui DD dan ADD. Itu semua tergantung dari musyawarah desa," demikian Eko. [tmc]



Komentar Pembaca
Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

Petugas Di Garda Terdepan Antisipasi Covid-19

KAMIS, 26 MARET 2020 , 17:46:00