BKSDA Bengkulu Bakal Lepasliarkan Satwa Hasil Ops Wanalaga

Daerah  KAMIS, 01 AGUSTUS 2019 , 19:02:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

BKSDA Bengkulu Bakal Lepasliarkan Satwa Hasil Ops Wanalaga

Kakak Tua Jambul Kuning hasil Ops Wanalaga 2019

RMOLBengkulu. Dua ekor burung jenis Kakak Tua Jambul Kuning dan Burung Beo yang diamankan dari salah satu warga pada operasi WANALAGA 2019 Polres Rejang Lebong Senin (29/7) lalu, saat ini telah diserahkan ke pihak BKSDA Bengkulu.

Kepala seksi konservasi wilayah I Bengkulu-Lampung, Said Jauhari mengatakan, dua satwa dilindungi tersebut saat ini masih mereka rawat sementara untuk kemudian dilepas liarkan.

"Polres Rejang Lebong telah menitipkan pada kita untuk dikarantina lebih lanjut, kita pantau dan cek kondisi kesehatannya, apabila sehat maka akan kita rilis ke habitatnya," kata Said Jauhari ditemui di Mapolres Rejang Lebong, Kamis (1/8).

Khusus untuk jenis burung Beo sendiri menurut dia bisa langsung dilepas liarkan di wilayah Bengkulu, rencananya bakal di lepas di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Seblat, Bengkulu Utara, lokasi itu dinilai cocok sebagai habitat burung Beo.

Sedangkan, untuk jenis Kakak Tua Jambul Kuning sendiri menurut dia habitatnya tidak terdapat di pulau Sumatera melainkan di wilayah Indonesia bagian Timur.

"Habitat Kakak Tua ini di Indonesia Bagian Timur, penyebarannya di Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua,  sehingga kami sedang meminta pendapat Kementrian LHK, apakah dititipkan ke taman konservasi, atau dikembalikan ke habitat aslinya," bebernya.

Selain itu ditambahkan dia, selain burung Kakak Tua dan Beo, sejumlah satwa langka juga didapatkan tim ops WANALAGA disejumlah daerah di wilayah hukum Polda Bengkulu yang masuk wilayah I BKSDA Bengkulu Lampung, yang nantinya satwa-satwa hasil sitaan itu akan dilepas liarkan ke habitatnya.

"Didaerah lainnya juga didapatkan satwa lainnya, seperti di Polres Lebong diamankan 2 ekor Siamang, kemudian  Polres Kepahiang 3 Siamang dan satu ekor Elang Brontok brontok, Polres Mukomuko amankan 2 ekor Siamang, serta di Polres Bengkulu Utara mengamankan 1 sekor siamang dan 1 ekor Elang," pungkasnya. [tmc]


Menghilangkan bau mulut hanya dengan cara sederhana dari ...
Mengetahui cara membunuh parasit dalam 1 malam
Halitosis yang mengerikan akan berakhir ketika Anda menggunakan ini
Saya tidak berbau mulut sejak menggunakan Bactefort
Menghilangkan bau mulut hanya dengan cara sederhana dari ...
Mengetahui cara membunuh parasit dalam 1 malam
Hilangkan parasit bau mulut dengan hanya 5 menit sehari
Solusi untuk membantu mulut tidak lagi berbau ... Coba sekarang


Komentar Pembaca
Kabinet Amerika

Kabinet Amerika

JUM'AT, 02 APRIL 2021 , 09:57:00

MILAD IMM Ke-57, Dimulai Dengan Pertandingan Futsal Persahabatan
Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya SJ182

SABTU, 09 JANUARI 2021 , 18:27:00