Dana Kelurahan Rejang Lebong Disalurkan Bagian Pemerintahan

Daerah  SENIN, 24 JUNI 2019 , 19:26:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Dana Kelurahan Rejang Lebong Disalurkan Bagian Pemerintahan

Bobby Harpa Santana/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Penyaluran dana kelurahan di Kabuparen Rejang Lebong saat ini resmi disalurkan oleh Bagian Pemerintahan Sekretariat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Achmed Chalid melalui Kabid Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa, Bobby Harpa Santana mengatakan, ditetapkannya penyaluran dana kelurahan di bagian Pemerintahan itu setelah dilakukan rapat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) beberapa waktu lalu.

"Untuk dana rutin kelurahan dan dana kelurahan itu akan dikembalikan ke Pemerintahan," ujar Bobby dikonfirmasi RMOLBengkulu, Senin (24/6).

Dikembalikannya penyaluran dana kelurahan ke bagian Pemerintahan itu dijelaskan Bobby karena dalam Undang-undang Nomor 32  Tahun 2014, kelurahan merupakan bagian dari Pemerintah Daerah.

Untuk itu pihaknya tidak mengetahui sebatas mana dan kapan dana kelurahan itu mulai disalurkan, lantaran Dinas PMD hanya berwenang melakukan pembinaan dibidang kelembagaan kelurahan.

"Kami tidak tahu sebatas mana prosesnya, namun bukan berarti kami lepas tangan, di kelurahan kami lebih di lembaganya,  tetapi untuk penyelenggaraan pemerintahan kelurahan itu pada bagian Pemerintahan," imbuhnya.

Dia menambahkan, dana kelurahan itu sama halnya dengan dana desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat, berdasarkan Permendagri 130 Tahun 2018, dana kelurahan itu diprioritaskan untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat. [tmc]


                   


Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00