Pengembangan Air Terjun Batu Betiang di APBD Perubahan

Daerah  RABU, 13 MARET 2019 , 18:19:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Pengembangan Air Terjun Batu Betiang di APBD Perubahan
RMOLBengkulu. Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong telah menyiapkan desain tapak dan Master Plant pengembangan objek wisata alam Air Terjun Batu Betiang yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Hanya saja pengembangan wisata tersebut dipastikan belum terealisasi tahun 2019 ini, pasalnya anggaran pengembangan kawasan belum dianggarkan dalam APBD Rejang Lebong tahun 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Darmasnyah menjelaskan, belum disiapkannya anggaran pengembagan Air Terjun Batu Betiang di Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR) tersebut karena pada pembahasan APBD sebelumnya, izin pengembangan kawasan belum didapatkan dari Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Karena pada penyusunan APBD 2019, izin pengembangan kawasan dari Ditjen KSDAE belum keluar, sehingga belum dianggarkan," kata Darmansyah, Rabu (13/3).

Saat ini sendiri izin dari Ditjen KSDAE sudah keluar untuk pembangunan jalan didalam kawasan sepanjang 3,5 kilometer lebar 2 meter dan tinggal menunggu penandatangan MoU dengan pihak TNKS, sehingga menurutnya pengembangan wisata tersebut akan dianggarakan pada APBD Perubahan 2019 nanti.

"Karena izin dari Ditjen KSDAE sudah kelur, maka pengembangan kawasan wisata Air Terjun Batu Betiang akan kita mulai di APBD Perubahan tahun 2019 ini," imbuhnya.

Dikembangkannya objek wisata Batu Betiang dengan bekerjasama dengan pihak TNKS itu karena menurut dia, objek wisata itu sudah ditetapkan sebagai destinasi unggulan ke empat di Kabupaten Rejang Lebong, setelah Danau Mas Harun Bastari (DMHB), Pemandian Suban Air Panas dan Bukit Kaba. [nat]




Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00