Bunga Rafflesia 'Serbu' Mekar Di Lebong Tengah

Nusantara  RABU, 06 MARET 2019 , 00:12:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Bunga Rafflesia 'Serbu' Mekar Di Lebong Tengah

Warga Setempat Saat Tiba Di Lokasi/Net

RMOLBengkulu. Wilayah Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong, Selasa (5/3) kemarin, digegerkan dengan kehadiran tiga puspa langka asal Indonesia, yaitu bunga Rafflesia yang menyerupai jenis Arnoldi, tumbuh berdekatan dan bersamaan.

Bahkan, satu diantara ketiganya telah mekar sempurna yang terletak di Desa Semelako Atas, Kecamatan Lebong Tengah. Diketahui, mekar di areal perkebunan warga setempat atau tepatnya di sekitar aliran sungai Bioa Nge'ai.  

Bunga yang mekar itu diperkirakan berdiameter sekitar 45 cm, dengan memiliki kelopak lima buah. Saat ini bunga terbesar di dunia itu, sudah mulai dikunjungi warga setempat. "Lokasinya di kebun dekat dengan Bioa Nge'ai," sumber RMOLBengkulu.

Terpisah, Kapolsek Lebong Tengah, Iptu Edi Supriyanto, membenarkan jika wilayah hukumnya tersebut telah ditemukan tiga bunga Rafflesia menyerupai jenis Arnoldi. Menurutnya, satu bunga telah mekar sempurna. Sedangkan, duanya lagi dalam proses.

"Yang sekarang sudah mekar baru satu dan masih ada beberapa lagi yang bakal mekar," ujarnya, Selasa (5/3).

Edi menjelaskan, bunga raksasa yang tergolong langkah ini bukan untuk pertama kalinya tumbuh di wilayah Lebong Tengah. Pada sekitar bulan Juli tahun 2018 lalu sempat juga tumbuh di sekitar lokasi saat ini, namun dirusak oleh orang yang tak dikenal.

"Sudah pernah, sebelumnya ada juga. Ini yang kedua. Namun, sayang dulu dirusak tangan jahil," jelas Edi.

Lanjut Edi, bunga yang menjadi ikon Bengkulu itu mampu mendatangkan ratusan pengunjung untuk menyaksikan keunikannya.

"Kita (Polsek, red) sudah menyarankan kepada Kades agar menyampaikan kepada warga untuk menjaga bunga tersebut. Sebab, itu aset yang tidak tumbuh di sembarang tempat," tutup Edi. [tmc]

Komentar Pembaca
Senyum Prabowo Airlangga

Senyum Prabowo Airlangga

SELASA, 07 JULI 2020 , 08:15:00

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

Kepal Cegah Covid-19 RMOL Rescue

SABTU, 04 APRIL 2020 , 17:43:00

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

China Kibarkan Bendera Setengah Tiang

SABTU, 04 APRIL 2020 , 07:39:00