Dukcapil Benteng Sudah Cetak 1.288 KIA

Daerah  RABU, 27 FEBRUARI 2019 , 19:18:00 WIB | LAPORAN: YOGI APRIZAL SUPRIANTO

Dukcapil Benteng Sudah Cetak 1.288 KIA

Adnan Kasidi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), sedikitnya telah mencetak sebanyak 1.288 Kartu Identitas Anak (KIA) usai meluncurkan program tersebut pada bulan November tahun 2018 lalu.

"Sejak bulan November tahun lalu kami telah menyelesaikan cetak KIA sebanyak 1.288 keping," kata Kepala Dinas Dukcapil Benteng, Ayatul Muktadin melalui Sekretaris, Adnan Kasidi, Rabu (27/2).

Adnan menjelaskan, sesuai instruksi Kemendagri RI KIA ini sangat penting karena multifungsi. Terutama bagi anak usia baru lahir hingga umur 17 tahun.  

Sedianya, untuk keperluan pendaftaran sekolah, berobat di rumah sakit maupun puskesmas, diskon biaya transportasi publik, biaya pembelian buku sekolah, tempat-tempat pariwisata dan restoran. Termasuk untuk pembuatan buku tabungan di bank hingga paspor.

"Untuk mekanisme penggunaan dan pemanfaatan KIA dalam pelayanan publik mempedomani pasal 20 ayat (1) Permendagri No 2 tahun 2016 yang menyebutkan bahwa Disdukcapil Kabupaten Kota melakukan perjanjian kemitraan dengan pihak ketiga sebagai mitra kerja," papar Adnan.

Adnan menargetkan, tahun 2019 ini pihaknya sudah mencetak 15 ribu KIA di wilayah Benteng. "Target kita di tahun 2019 ini sesuai ketersediaan blangko sebanyak 15 ribu KIA untuk anak di Kabupaten Benteng.  Karena dimulai pada tahun ini anak usia 0-17 tahun wajib memiliki KIA," ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Benteng yang ingin mengantongi KIA agar segera melengkapi persyaratan.

"Silahkan masyarakat Benteng mengantarkan permohonan KIA disertai syarat KK, KTP orang tua dan akta kelahiran anak. langsung diseragkan ke Disdukcapil Benteng agar KIA anak tersebut bisa kami proses," demikian Adnan. [tmc]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00