Demo Petani Plasma Kaur Berakhir Di Meja DPRD

Daerah  RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 07:08:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Demo Petani Plasma Kaur Berakhir Di Meja DPRD

RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Para petani plasma Kabupaten Kaur rencananya akan mengelar aksi demonstrasi di Gedung dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Kaur pada Selasa (27/11).

Tak tanggung-tanggung, massa yang akan hadir dalam aksi pun diperkirakan mencapai 500 orang. Namun setelah melakukan negosiasi akhirnya perwakilan petani plasma sepakat untuk melakukan hearing bersama anggota DPRD Kaur. Hearing sendiri di hadiri oleh beberapa perwakilan petani plasma, Jailani, Sekda Kaur, Nandar Munadi, Kapolres, dinas terkait serta Camat Kinal.

Para petani menuntut agar hak-hak dapat dipenuhi oleh pemerintah. Setelah melakukan hearing beberapa jam di Gedung DPRD Kaur, akhirnya tercapai 4 kesepakatan antara petani plasma dengan pihak perkebunan PT DPM.
Empat kesepakatan yang dihasilkan yaitu :

1. Pihak perusahan akan membagikan kebun plasma dari kebun inti (1039) hektar sebanyak 40% (416) hektar paling lambat 6 bulan ke depan (bulan juni 2019).

2. Bagi calon petani plasma yang terdaptar sebagai penerima komfensasi serta seluruh tungakan akan di bayar paling lambat tanggal 20 desember 2018 dan juga akan membayar se terus nya sampai dengan kebun plasma terbangun dari masing masing calon petani plasma.

3. Pihak perusahaan tidak akan membangun kebun inti sebelum kebun plasma terbangun.

4. Pemerintah daerah akan mencabut izin PT Desa Ria Pelatation Mining ini apabila tidak ada kemajuan sesuai dengan peraturan yang berlaku. [ogi/aji]

Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00