Disdukcapil Benteng Akan Launching KIA

Daerah  JUM'AT, 23 NOVEMBER 2018 , 21:37:00 WIB | LAPORAN: YOGI APRIZAL SUPRIANTO

Disdukcapil Benteng Akan Launching KIA

Adnan Kasidi

RMOLBengkulu. Disdukcapil Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan melaunching dan sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) tingkat kabupaten di Aula Kantor Camat Pondok Kelapa.

Kepala Dinas Dukcapil Benteng, Aansyori melalui Sekretaris, Adnan Kasidi mengatakan pada acara launching dan sosialisasi nanti akan ada 20 KIA yang akan diserahkan secara simbolis.

"20 KIA sudah kita cetak, nantinya akan diserahkan langsung secara simbolis," ucap Adnan kepada RMOLBengkulu, Jumat (23/11).

Masih kata Adnan, Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan penuh hak konstitusional warga negara, sehingga akan sangat bermanfaat untuk anak dibawah 17 Tahun.

"KIA ini sendiri bermanfaat sebagai tanda pengenal atau bukti diri yang sah, untuk persyaratan pendaftaran disuatu sekolah, untuk pembuatan dokumen keimigrasi serta untuk berbagai keperluan lain yang membutuhkan bukti diri berupa identitas bagi anak yang berdomisili di Benteng," ujar Adnan

Dijelaskannya juga KIA diberikan kepada seluruh warga negara yang belum berusia 17 tahun serta belum menikah, dan persyaratannya ada yang ditambah foto anak.

"Untuk pengurusannya, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. untuk yang dibawah 5 tahun harus melengkapi KK,KTP orang tua dan akte kelahiran, untuk yang umur 5-17 tahun kurang satu hari ditambah pas foto anak," jelasnya. [nat]




Komentar Pembaca
H. Zahdi Taher, M.HI Jabat Kepala Kemenag Prov Bengkulu
Komplek Perkantoran Pemkab Kaur Jauh Dari Kata Bersih
Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

Kebakaran Hebat Melanda Dua Toko

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 22:30:00